Senin 26 Sep 2022 19:44 WIB

Kurator: Basoeki Abdullah Seperti Mata Air Bagi Perupa Muda

Karya Basoeki Abdullah dinilai tak hanya mengandung aspek seni, tapi juga kebudayaan.

Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung mengamati karya seni lukis pada Basoeki Abdullah Art Award (BAAA) #4 di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta, Senin (26/9/2022). Pameran dengan mengangkat tema IDEOLOG, Kini, Tokoh, dan Bangsa tersebut menampilkan karya dari 25 seniman, dan berlangsung hingga 26 Oktober 2022.
Foto:

Mikke berharap setiap lukisan yang dibuat oleh Basoeki Abdullah tidak hanya menginspirasi setiap seniman muda. Ia ingin karya Basoeki juga menuntun seniman muda untuk mengomunikasikan pandangannya terkait kehidupan masa kini melalui sebuah karya pada masyarakat.

"Karya seni Pak Basoeki bisa turun-naik memberikan sesuatu (pandangan) kepada masyarakat. Itu sesuatu yang meskipun sebenarnya dikatakan (peristiwa) ini berat, tapi jadi terlihat ringan. Progres ini tidak gampang," ujarnya.

Basoeki Abdullah merupakan seorang pelukis asal Indonesia yang menganut aliran realistis dan naturalis. Basoeki lahir pada tanggal 27 Januari 1915 dan merupakan seorang lulusan dari Academie Voor Beeldende Kunsten, Sertifikat Royal International of Art (RIA), di Den Haag, Belanda pada tahun 1933.

Selama hidupnya, Basoeki telah banyak melukis banyak tokoh terkenal seperti Proklamator Indonesia Ir Soekarno dan Presiden kedua RI Jenderal Soeharto. Salah satu karya terkenalnya adalah melukis seluruh kepala negara yang menjadi peserta Gerakan Non-Blok pada tahun 1992.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement