Kamis 05 Jan 2023 17:08 WIB

Trik Mudah Dilirik Recruiter

Recruiter mengandalkan profil diri di LInkedIn untuk mendapatkan karyawan potensial.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
LinkedIn
Foto: EPA
LinkedIn

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat ini para pencari kerja tak lagi sekadar menunggu panggilan kerja dari berbagai perusahaan. Tanpa menunggu pembukaan lowongan kerja, tak jarang perusahaan melakukan rekrutmen lewat pihak ketiga. Para rekruter pun mencari karyawan potensial dengan memperhatikan profil LinkedIn yang sesuai dengan kriteria yang dicari.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membangun profil LinkedIn. Jika mengabaikan personal branding, kita bisa kehilangan peluang besar meningkatkan karier dan pendapatan.

Baca Juga

Manajer Pemasaran Konten Senior di LinkedIn, Jane Deehan menyebut halaman profil LinkedIn adalah fondasi untuk merek pribadi. “Kami secara teratur menambahkan fitur untuk meningkatkan kemampuan sebagai platform pemasaran pribadi dan memberi Anda cara baru untuk menunjukkan keahlian dan motivasi Anda,” kata Deehan dilansir laman LinkedIn.

Berikut beberapa fitur profil yang membantu memberi tampilan menarik.

1. Pilih gambar profil yang tepat untuk LinkedIn.

Pastikan foto baru dan mirip dengan Anda. Jangan terlalu menonjol di foto (beri jarak). Kenakan pakaian apa yang ingin Anda pakai untuk bekerja. Tersenyumlah.

 

2. Jadikan judul lebih dari sekadar jabatan.

Gunakan bidang judul untuk memberikan deskripsi diri seperti kiprah dan peran serta Anda selama ini.

 

3. Ubah resume diri menjadi cerita.

Resume Anda adalah kesempatan untuk menceritakan kisah sendiri. Jangan hanya menggunakannya untuk mencantumkan keahlian atau jabatan yang Anda miliki. Cobalah untuk mewujudkan mengapa keterampilan itu penting.

 

4. Kata kunci.

Kata kunci yang paling sering digunakan mencakup istilah seperti khusus, kepemimpinan, fokus’, strategis, berpengalaman, bersemangat, ahli, kreatif, inovatif, dan bersertifikat. Namun, menggunakan kata-kata ini saja tidak akan meyakinkan orang bahwa Anda memiliki kualitas-kualitas ini. Anda perlu mendemonstrasikannya juga, baik dengan cara mendeskripsikan diri sendiri, maupun cara menggunakan fitur profil LinkedIn untuk menunjukkan tentang diri.

 

5. Kembangkan jaringan.

Salah satu cara termudah dan paling relevan untuk mengembangkan jaringan LinkedIn adalah menyinkronkan profil dengan alamat surat elektronik (email). Ini memungkinkan LinkedIn menyarankan orang yang dapat Anda hubungi.

 

6. Buat daftar keahlian yang relevan.

Daftar tersebut membantu memperkuat deskripsi di judul dan resume Anda, dan menyediakan platform bagi orang lain untuk mendukung Anda. Namun, kuncinya di sini adalah tetap relevan.

 

7. Bagikan konten yang relevan dari feed LinkedIn Anda.

Berbagi konten yang relevan dengan jaringan adalah salah satu cara yang paling mudah diakses untuk melakukannya. Anda dapat memulai dengan memperhatikan feed LinkedIn Anda. Bagikan konten yang menurut Anda benar-benar menarik, dan sejalan dengan sudut pandang Anda.

 

8. Ikuti influencer yang relevan untuk industri Anda.

Mengikuti influencer yang relevan di LinkedIn membantu menempatkan berbagai konten menarik di akun Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement