Besok DPR Tetapkan Jenderal Agus Sebagai Panglima TNI Terpilih

Jenderal Agus Subiyanto akan menjadi Panglima TNI setelah menjalani uji kelayakan.

Senin , 20 Nov 2023, 18:06 WIB
Calon Panglima TNI, Agus Subiyanto
Foto: Republika
Calon Panglima TNI, Agus Subiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR akan menggelar rapat paripurna Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 pada Selasa (21/11/2023). Salah satunya adalah menetapkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI terpilih, setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I.

"Jadi (penetapan Agus sebagai panglima TNI terpilih). Sudah teragenda besok," ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga

Diketahui, Komisi I telah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan selama sekira dua jam, serta menetapkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI terpilih. Terdapat dua pesan penting yang dititipkan Komisi I kepada pengganti Laksamana Yudo Margono itu.

"Pesan-pesan yang dititipkan oleh Komisi I diantaranya adalah netralitas TNI, yang kedua profesionalitas prajurit. Kemudian kesejahteraan prajurit dan lain-lain nanti bisa beliau tambahkan," ujar Ketua Komisi I Meutya Hafid usai uji kelayakan dan kepatutan, Senin (13/11/2023) lalu.