Senin 10 Jun 2024 16:10 WIB

Dorong Potensi Ekonomi Petani, BCA Revitalisasi Kebun Kopi Cikoneng 

Bakti BCA memberikan bantuan alat dan kebutuhan untuk bertani.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
BCA merevitalisasi kebun kopi Cikoneng, Bogor, Jawa Barat, Senin (10/6/2024).
Foto: Lintar Satria
BCA merevitalisasi kebun kopi Cikoneng, Bogor, Jawa Barat, Senin (10/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan revitalisasi kebun kopi Cikoneng di Desa Tugu Utara, Bogor. Dalam program Bakti BCA ini, BCA bekerja sama dengan Yayasan Kopi Nasional (YKN) dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor memberikan pembinaan, penyuluhan, serta bantuan sarana-prasarana kepada Kelompok Tani Cikoneng Lestari dan Kelompok Tani Lestari Maju Bersama.

Selama ini, produktivitas kopi arabika yang ditanam petani di kebun kopi Cikoneng belum optimal. Akibatnya, pendapatan petani tidak mencukupi untuk melakukan pemeliharaan kebun. Padahal, hasil pertanian dari Kebun Kopi Cikoneng berpotensi besar meningkatkan perekonomian masyarakat dan petani di sana karena dibudidayakan bersama tanaman lain seperti pinus, cabai, alpukat, jambu, dan jeruk. 

“Kami memahami pentingnya keberadaan Kebun Kopi Cikoneng sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat di Desa Tugu Utara. Untuk meningkatkan produktivitas petani kopi di sana, Bakti BCA melaksanakan revitalisasi melalui rangkaian pembinaan, penyuluhan, dan berbagai bantuan teknis pertanian," kata EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, Senin (10/6/2024).

Dia berharap melalui inisiatif ini pendapatan dan taraf hidup para petani meningkat. "Kami yakin dampak positif tersebut tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh petani, namun juga masyarakat dan mitra bisnis," katanya.