Sabtu 13 Jul 2024 16:00 WIB

Negara Tropis Pertahanan Terakhir Bumi

Harus ada kepastian status dana bantuan dari negara-negara maju.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
Hutan hujan tropis di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
Foto: wordpress
Hutan hujan tropis di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Walhi Nasional Zenzi Suhadi mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan dan pemilik keanekaragaman hayati terbesar di dunia dan pemilik hutan tropis ketiga terbesar di dunia harus memimpin upaya penanggulangan perubahan iklim. Indonesia harus memimpin upaya tindakan nyata dalam menanggulangi perubahan iklim.

Zenzi menilai, negara-negara sudah saatnya menegaskan krisis iklim diakibatkan kepentingan ekonomi yang dikendalikan kekuatan. Kekuatan yang dimiliki negara-negara industri, yang mempunyai pengetahuan terdepan dan memiliki kapitalisasi terbesar. Menurutnya negara-negara itu yang mengendalikan ekonomi global.

Baca Juga

Saat daya tahan bumi makin keropos, Zenzi mengatakan COP2 harus dapat menghasilkan solusi mengenai daya tampung bumi. Menurutnya, keputusan-keputusan ekonomi harus mengikuti kepentingan negara-negara tropis.

"Karena pertahanan terakhir manusia di muka bumi adalah negara-negara tropis karena keanekaragaman ada di negara-negara tropis," katanya kepada Republika, belum lama ini.