Rabu 14 Aug 2024 10:15 WIB

Hasil Survei Pilkada Tangsel 2024 Tunjukkan Simulasi Paslon Ariza-Lista Unggul

Simulasi tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Perhimpunan Wartawan Tangsel.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ahmad Riza Patria.
Foto: Republiika/Febryan A
Ahmad Riza Patria.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Simulasi pasangan calon Walikota Tangerang Selatan Ahmad Riza Patria-Lista Hurustiati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara mengejutkan mampu unggul dari Paslon petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. Simulasi tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Perhimpunan Wartawan Tangsel (Perwatas) yang dilakukan pada 2-8 Agustus 2024.

Ketua Perwatas, Agus Supriyanto menjelaskan survei Perwatas tahap III ini, warga Kota Tangsel mengikuti simulasi pemilihan Paslon Walikota Tangsel dengan cara mengirimkan jawaban terhadap nomor yang telah ditentukan. Dalam jawabannya mereka menyertakan nama dan kecamatan tempat tinggalnya.

Baca Juga

"Pada survei Perwatas tahap III simulasi paslon wali kota pada Pilkada Tangsel 2024 ini, ada 2.200 responden yang mengirimkan jawaban," ujar Agus, Rabu (14/8/2024).

Dalam simulasi Paslon Walikota Pilkada Tangsel 2024 ini, responden diberikan tiga poin pertanyaan untuk dijawab. Pertama, jika Pilkada Tangsel 2024 digelar hari ini dengan Paslon Ahmad Riza Patria - Marshel Widianto, Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan dan Lista Hurustiati - Deddy Corbuzier.

Pertanyaan kedua, jika Pilkada Tangsel 2024 digelar hari ini siapa yang akan Anda pilih di antara tiga Paslon Ahmad Riza Patria - Lista Hurustiati, Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan dan Deddy Corbuzer - Marshel Widianto. Kemudian pertanyaan ketiga yakni jika Pilkada Tangsel 2024 digelar hari ini maka siapa yang akan dipilih dengan Paslon Lista Hurustiati - Ahmad Riza Patria, Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan dan Marshel Widianto - Deddy Corbuzier.

Agus mengatakan hasilnya pun cukup mengejutkan. Pendatang baru yang diusung Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria atau biasa disapa Ariza Patria dapat menumbangkan pasangan calon (paslon) petahana, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan (Ben-Pilar) jika berpasangan dengan Lista Hurustati.

Duet Ariza Patria-Lista Hurustiati (Ariza-Lista) memiliki elektabilitas cukup tinggi dan dapat menumbangkan paslon petahana yang diusung Partai Golkar Ben-Pilar. Begitu juga Paslon Lista-Ariza bertukar posisi, pasangan ini tetap unggul dari duet petahana.

"Pada simulasi poin 1, paslon petahana Ben-Pilar unggul sangat tipis dari Lista-Deddy, yaitu 0,15 % (ini masuk dalam angka margin error dalam sebuah survei). Sedangkan, Ariza-Marshel jauh tertinggal dari paslon lainnya karena hanya meraih 05,61 %," kata dia.

Pada simulasi poin dua, paslon Ariza-Lista unggul 08,11 persen dibandingkan dengan Paslon Ben-Pilar. Ahmad Riza Patria - Lista Hurustiati memperoleh 48,38 persen suara. Sedangkan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan 40,27 persen. Dan Deddy Corbuzer - Marshel Widianto 11,35 persen

"Selanjutnya, pada simulasi poin tiga paslon Lista-Ariza juga mengungguli Ben-Pilar dengan selisih 10,61 persen dengan rincian Lista Hurustiati - Ahmad Riza Patria 51,87 persen. Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan 41,26 persen dan Marshel Widianto - Deddy Corbuzer 06,87 persen.

Agus mengatakan PERWATAS masih akan melakukan survei kembali. Menerutnya situasi bisa saja berubaha dalam beberapa waktu mendatang.

"Semua paslon masih punya kesempatan sama dengan sisa waktu yang masih ada (tiga bulan). Semua masih mungkin terjadi," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement