Rabu 21 Aug 2024 11:37 WIB

Ratusan Hektare Sawah Puso Akibat Kekeringan

Kekeringan terjadi karena panjangnya musim kemarau.

Rep: Lilis Sri Handayani / Red: Satria K Yudha
Dua orang petani melakukan balap motor di areal sawah yang mengalami kekeringan di Blok Nambo, Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.
Foto: Tangkapan Layar
Dua orang petani melakukan balap motor di areal sawah yang mengalami kekeringan di Blok Nambo, Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID,  INDRAMAYU – Ratusan hektare tanaman padi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami puso atau gagal panen. Kekurangan air di musim kemarau menjadi penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, tercatat ada sekitar 765 hektare areal persawahan yang terdampak kekeringan pada musim kemarau ini. Kondisi itu tersebar di sejumlah kecamatan, yaitu Kecamatan Gantar 383 hektare, Kroya 154 hektare, Gabuswetan 17 hektare, Terisi 151 hektare, dan Kandanghaur 60 hektare.

Dari luas area 765 hektare yang terdampak kekeringan itu, sebanyak 112 hektare mengalami puso. Kondisi puso itu terjadi di Kecamatan Gantar 14 hektare, Kroya 16 hektare, Gabuswetan 10 hektare, dan Terisi 72 hektare.

Kepala Bidang Tanaman Pangan DKPP Kabupaten Indramayu, Imam Mahdi menjelaskan, penyebab terjadinya kekeringan itu tak lepas dari panjangnya musim kemarau akibat El Nino, yang menyebabkan mundurnya musim hujan sejak tahun lalu.

‘’Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan musim tanam juga menjadi mundur,’’ kata Imam kepada Republika, Rabu (21/8/2024).

Mundurnya musim tanam rendeng (penghujan) membuat petani juga mundur melakukan musim tanam gadu (kering). Saat musim sudah memasuki kemarau, petani baru melakukan musim tanam gadu.

Tak hanya faktor alam, tersendatnya pasokan air untuk mengairi areal persawahan juga disebabkan adanya proyek rehabilitasi saluran irigasi oleh BBWS. Kondisi kekeringan itu paling parah dirasakan dampaknya oleh petani di wilayah hilir. Meski ada jadwal gilir air, namun pasokan air sudah habis sebelum sampai ke wilayah hilir.

Imam mengatakan, dari hasil survei di lapangan, pihaknya menemukan banyak petani di wilayah hulu yang menyedot air menggunakan mesin pompa. Meski demikian, lanjut Imam, pihaknya berupaya keras untuk memastikan musim tanam gadu ini bisa berjalan maksimal.

Dari luas baku sawah sekitar 125 ribu hektare di Indramayu, target tanam pada musim gadu seluas 110 ribu hektare. Dari target tanam itu, luas lahan yang sudah ditanami padi sekitar 91 ribu hektare.

‘’Insya Allah bisa tercapai karena di beberapa wilayah ada yang baru memulai tanam di September,’’ katanya.

Untuk upaya tersebut, DKPP Indramayu juga sudah mengirimkan surat kepada BBWS untuk bisa menggelontorkan debit air lebih banyak untuk wilayah Indramayu. Selain itu, memaksimalkan pompanisasi, baik memompa air yang ada di permukaan maupun bawah tanah.

Sementara itu, kondisi kekeringan itu di antaranya terjadi di Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. Bahkan, sejumlah petani membuat aksi balap motor di areal persawahan yang kering dan retak-retak.

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement