Rabu 23 Oct 2024 18:42 WIB

JICC Siap Jadi Pusat Kolaborasi Industri Kopi Global

Pada hari kedua JICC tidak hanya menawarkan wawasan mendalam.

Salah satu pembicara di Jakarta International Coffee Conference 2024, Rani Mayasari dari Java Halu Coffee Farm.
Foto: Dok. Jicc
Salah satu pembicara di Jakarta International Coffee Conference 2024, Rani Mayasari dari Java Halu Coffee Farm.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta International Coffee Conference (JICC) 2024 kembali menghadirkandiskusi-diskusi mendalam pada hari kedua, salah satunya dengan tema yang sangat relevan bagi masa depan industri kopi global, yaitu Agroforestry and Terroir : Indonesia Central Figure in Sustainable Coffee Plantation and Development. Diskusi yang berlangsung mempertemukan tokoh-tokoh utama dalam industri kopi Indonesia, seperti Alfadriansyah dari Solok Radjo, Rani Mayasari dari Java Halu

Coffee Farm serta Yuanita Rachma dari Founder PT House of Coffee Barista ID.

Baca Juga

Ketiga pembicara tersebut menyampaikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya praktik pertanian berkelanjutan, dampak terroir terhadap kualitas kopi dan peran perempuan dalam menggerakkan industri kopi yang lebih berkelanjutan. Dalam sesi ini, Alfadriansyah mengungkapkan bahwa praktik agroforestri yang diterapkan di Solok Radjo telah membawa dampak positif bagi lingkungan dan keberlanjutan industri kopi.

Intercropping, konservasi tanah dan penggunaan pupuk organik bukan hanya meningkatkan kualitas kopi, tetapi juga menjaga keseimbangan alam. Alfadriansyah juga menekankan pentingnya sinergi antara petani kopi dan pihak-pihak

terkait dalam membangun ekosistem yang lebih hijau dan produktif. Sementara itu, Rani Mayasari dari Java Halu Coffee Farm berbagi tentang pengalaman dalam mendukung petani kecil melalui pelatihan dan peningkatan kapasitas.

“Farmer Support Center Starbucks telah berperan besar dalam membantu kami mengedukasi petani tentang praktik berkelanjutan, pengelolaan hama dan cara meningkatkan hasil panen. Upaya ini memastikan masa depan yang lebih baik bagi para petani kecil di pedesaan,” kata Rani. Selain itu, Rani juga menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan diseluruh rantai pasok kopi, dari hulu ke hilir.

Terroir, yaitu kombinasi faktor lingkungan seperti tanah vulkanik, iklim dan ketinggian, turut dibahas dalam diskusi ini. Menurut Yuanita Rachma Indonesia memiliki keberagaman terroir yang sangat unik yang memungkinkan kita untuk menghasilkan kopi dengan profil rasa yang luar biasa.

Setiap wilayah memiliki karakteristik tanah dan cuaca yang berbeda, memberikan kekayaan cita rasa yang hanya bisa ditemukan di kopi Indonesia. Yuanita juga menekankan bahwa praktik pertanian organik di tempat seperti Lisa and Leo's Organic Coffee telah memberikan manfaat tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi masyarakat sekitar melalui penciptaan lapangan kerja dan perdagangan yang adil.

Diskusi ini juga menyoroti peran penting perempuan dalam industri kopi. “Perempuan memainkan peran yang sangat signifikan dalam produksi kopi berkelanjutan, khususnya dalam posisi kepemimpinan. Keberadaan perempuan di industri ini membuka jalan bagi terciptanya dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat,” ungkap Yuanita.

Selain mendiskusikan praktik-praktik terbaik dan manfaat dari pertanian organik, para pembicara juga memaparkan tentang tren masa depan dan peluang bagi kopi Indonesia di pasar global yang semakin berfokus pada keberlanjutan. Yuanita menambahkan bahwa pasar kopi premium yang berkelanjutan

memberikan peluang besar bagi Indonesia, terutama melalui program sertifikasi dan inovasi teknologi.

Pada hari kedua JICC tidak hanya menawarkan wawasan mendalam tentang keberlanjutan dalam industri kopi, tetapi juga membuka kesempatan bagi para pelaku usaha dan pecinta kopi untuk terlibat dalam berbagai kegiatan menarik lainnya, termasuk Coffee Market dan Coffee Exhibition & Indonesian Coffee Stories.

Para pengunjung masih memiliki kesempatan untuk hadir di hari terakhir JICC pada tanggal 24 Oktober 2024, dimana acara akan ditutup dengan penampilan spesial dari Lomba Sihir dan Ali.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement