Kamis 24 Oct 2024 20:07 WIB

Detik-Detik Bus Rombongan Anak TK Terbakar di Tol Becakayu, Penumpang Berhamburan Selamat

Kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta.

Sebuah bus pariwisata terbakar di Tol Cawang, Jakarta Timur, Kamis (24/10/2024).
Foto: Tangkapan layar.
Sebuah bus pariwisata terbakar di Tol Cawang, Jakarta Timur, Kamis (24/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwira piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Sukur Sarwoni, menceritakan detik-detik sebuah bus pariwisata yang terbakar saat melintas di penghubung (ramp off) ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) menuju Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (24/10/2024). Bus berpelat nomor polisi B 7179 VGA yang mengangkut rombongan anak TK berjumlah 58 orang itu hangus terbakar dilahap si jago merah.

 

Sukur mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.12 WIB. Dalam perjalanan bus tiba-tiba terjadi kebakaran, sehingga para penumpangnya langsung berhamburan keluar bus untuk menyelamatkan diri.

Sebanyak 58 penumpang anak TK dan dua awak bus dievakuasi menggunakan bus lain. Dia menduga kebakaran itu disebabkan korsleting pendingin udara ruangan (air conditioner/AC) pada bus tersebut.

"Dari bawah AC tiba-tiba ada percikan api di bagian mesin, lalu api dengan cepat membesar," kata Sukur.

Untuk memadamkan api, pihaknya mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkannya. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta. Petugas damkar dan Jasa Marga mengevakuasi bus itu dengan menggunakan mobil derek.

"Sebuah bus dilaporkan terbakar di ruas Tol Cawang arah Priok KM 3 pada Kamis pagi. Kebakaran ini menyebabkan kepadatan Lalu lintas disekitar lokasi kejadian," lapor TMC Polda Metro Jaya.

Petugas kepolisian dari Ditlantas Polda Metro Jaya bersama dengan petugas pemadam kebakaran bekerja keras di lokasi kejadian untuk memadamkan api dan melakukan evakuasi. Namun, akibat kebakaran tersebut, lalu lintas dari Tol Cililitan menuju Priok mengalami kepadatan.

"Sebagai upaya mengurai kepadatan lalu lintas dari Tol Becak Kayu menuju Rawamangun, dilakukan rekayasa lalulintas untuk sementara," tulis TMC Polri lagi.

Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Pisangan keluar di Jatinegara atau Kampung Melayu. Tiga unit dari 13 personel  Damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Beruntung semua anak TK yang berada di dalam bus berhasil selamat.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement