Selasa 18 May 2010 17:51 WIB

Ketua Parlemen Somalia Mundur, Presiden Angkat PM Baru

Rep: c16/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,MOGADISHU--Ketua parlemen Somalia mengundurkan diri, Senin (17/5) waktu setempat, sementara itu, presiden Somalia menyatakan akan mengangkat seorang perdana menteri baru. Para analis menyebut perkembangan itu sebagai kompromi untuk membuka jalan bagi pemerintahan yang lebih stabil di negara Tanduk Afrika tersebut.

Pada pertemuan pertama sejak Desember, Minggu, parlemen Somalia dengan suara mayoritas mendongkel Perdana Menteri Omar Abdirashid Sharmarke dan pemerintahnya yang didukung Barat. Sejumlah anggota juga memberikan suara untuk mencopot ketua parlemen Sheikh Aden Madobe.

Analis mengatakan, langkah Presiden Sheikh Sharif Ahmed itu mungkin diputuskan dalam kompromi dengan ketua parlemen dan perdana menteri demi menyelamatkan pemerintah dari pembubaran total dan presiden mungkin akan mengangkat lagi Sharmarke. "Itu adalah satu bentuk kompromi untuk menyelamatkan pemerintah dari keruntuhan total," kata Rashid Abdi, seorang pengamat Somalia pada Kelompok Krisis Internasional.

"Mungkin presiden akan mengangkat lagi perdana menteri yang sekarang, selama tidak ada perselisihan diantara mereka," tambahnya.