Rabu 23 Jun 2010 17:10 WIB

Tingkat Kematian Anak di Afrika Meningkat

Rep: c32/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,NARKOBI, KENYA-–PBB menyatakan tingkat kematian anak meningkat di enam negara di benua Afrika atau sub Sahara. Sub-Sahara Afrika menjadi satu-satunya wilayah di dunia yang tingkat kematian anak dibawah usia lima tahun sangat tinggi.

34 dari 36 negara di dunia dengan angka kematian anak di atas 100 per 1.000 kelahiran berada di sub-Sahara Afrika, seperti Republik Afrika Tengah, Chad, Kongo, Kenya, dan Zambia, yang lainnya adalah Afghanistan dan Myanmar.

Laporan Pembangunan Millenia PBB mengatakan kemajuan dari suatu negara adalah dapat mengurangi angka jumlah penduduk yang kelaparan. Karena dengan mengurangi angka kelaparan dan kekurangan gizi maka tingkat kesejahteraan penduduk akan meningkat.

Di Ghana tingkat kelaparan menurun hingga 75 persen sejak 1990 hingga 2009, namun di Republik Demokrat Kongo tingkat kelaparan justru meningkat 76 persen pada periode yang sama.

PBB berusaha untuk menggarisbawahi beberapa perbedaan besar antara negara-negara bahwa harapan hidup di Nigeria adalah 48 tahun dibandingkan dengan 75 tahun di Argentina, dan bahwa wanita di Pantai Gading delapan kali lebih mungkin mati dalam kelahiran anak perempuan daripada di Brazil.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement