Jumat 30 Jul 2010 19:34 WIB

Pew Research: Mayoritas Warga Pakistan Anggap AS sebagai Musuh

Red: Siwi Tri Puji B
.
Foto: .
.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Mayoritas warga Pakistan melihat Amerika Serikat sebagai musuh. Mereka juga menentang perang pimpinan Amerika di Afghanistan dan kurang peduli tentang Taliban dan Alqaidah dari setahun yang lalu. Demikian hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan lembaga Pew Research.

Meski miliaran dolar dalam bantuan ekonomi dan militer yang diterima dari Washington, citra Amerika Serikat di Pakistan adalah yang terendah di antara 22 negara. Pew menghimpun laporannya dalam  termasuk dalam Pew Global Attitudes Survey 2010.

Jajak pendapat dilakukan dengan mengambil sampel 2.000 warga Pakistan sebagai responden pada 13-28 April lalu. Lima puluh sembilan persen responden menggambarkan Amerika Serikat musuh, dengan 17 persen memiliki pandangan yang menguntungkan dan hanya 11 persen menganggap AS sebagai teman. Jajak pendapat juga menyebut hanya delapan persen dipercaya Presiden AS Barack Obama melakukan hal yang benar dalam urusan dunia, peringkat terendah dari survei 22-bangsa, dan hanya 20 persen memiliki pandangan yang poritif terhadap Presiden Pakistan Asif Ali Zardary, turun dari 64 persen dua tahun lalu.

Kebanyakan warga Pakistan juga menentang keterlibatan Amerika di negara tetangga Afghanistan, dengan 65 persen mengatakan AS dan pasukan NATO harus ditarik secepat mungkin, dan relatif sedikit percaya Taliban dan AlQaidah merupakan ancaman serius bagi negara mereka.