Senin 06 Dec 2010 02:32 WIB

Habibie Kritik Pemimpin yang Masih Bergaya Feodal

Red: taufik rachman
BJ Habibie
BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie menilai kebanyakan pemimpin di Indonesia masih feodal.

"Sekarang kebanyakan pemimpinnya itu terlalu feodal. Yang menjadikan feodal itu siapa? Apa gubernurnya atau presidennya, atau menterinya, atau wapresnya? Tidak, yang menjadikan feodal itu rakyatnya sendiri. Kita juga bingung, tapi kita tidak bisa dipaksakan," katanya saat berpidato dalam pembukaan Muktamar V ICMI di Bogor, Jawa Barat,Ahad.

Untuk itu, menurut mantan presiden itu, ICMI kini memasuki fase kedua dari rencana jangka panjang atau "long march" 2010-2030. "Di situ pada tahap kedua itu, ICMI harus aktif memantapkan pimpinan yang egaliter. Ini tidak semudah membalik telapak tangan," katanya.

Habibie mengatakan, ICMI yang lahir pada 1990, pada 2010 ini telah menyelesaikan tahap pertama "long march" ICMI. Dalam 20 tahun tahap pertama, ICMI ikut aktif dalam peralihan dari sistem yang otoriter ke dalam sistem yang lebih demokratis.