Kamis 23 Dec 2010 18:37 WIB

Gempa Susulan 6,3 SR Guncang Kepulauan Bonin Jepang

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO--Gempa susulan berkekuatan 6,3 telah mengguncang lepas pantai kepulauan Bonin di bagian selatan Jepang, Kamis, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), sehari setelah wilayah itu diguncang oleh gempa besar.

Gempa terakhir yang mengguncang wilayah itu, menyusul gempa berkekuatan 7,4 Rabu, melanda pada pukul 7:49 waktu setempat (pukul 2149 GMT Rabu, atau Kamis pukul 4.49 WIB), 146Km di timur Chichi-shima di wilayah kepulauan Bonin yang terpencil di Jepang, pada kedalaman yang dangkal sekitar 10Km.

Tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau korban luka-luka. Sejumlah warga desa di kepulauan Pasifik yang terpencil itu -- dikenal di wilayah setempat sebagai kepulauan Ogasawara -- telah berjuang untuk mencapai tempat yang lebih tinggi Rabu setelah gempa 7,4 memicu peringatan tsunami.

Gempa di dasar laut itu melanda pada pukul 2.19 waktu setempat, mengguncang orang keluar dari kamar tidurnya ketika pengeras suara meraung di kepulauan Ogasawara dan pemerintah memperingatkan risiko tsunami lokal setinggi dua meter. Peringatan tsunami itu kemudian diturunkan dan semua peringatan dicabut lima jam setelah gempa melanda dekat kepulauan itu, sekitar 1.000Km di selatan Tokyo.