Kamis 23 Sep 2010 05:58 WIB

Wow, Katak Punah Berhasil Ditemukan Lagi

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Para aktivis pelestarian lingkungan menemukan lima katak Afrika Barat dan satu kadal gua dari Meksiko. Misi untuk menemukan spesies amfibi yang diperkirakan telah punah pun mulai menampakkan hasil.

"Katak tersebut terakhir kali terlihat pada 1979," ujar Robin Moore, koordinator proyek Conservation International (CI), Rabu (22/9).

Katak yang dimaksud adalah hyperolius sankuruensis dari Republik Demokratik Kongo. Sementara, katak dengan nama ilmiah hyperolius nimbae dari Pantai Gading tidak diketahui keberadaannya sejak 1967. Di kedua negara ini, banyak habitat amfibi yang rusak atau hilang. Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, binatang ini makin terpinggirkan.

Kadal gua dari Meksiko mengalami nasib serupa. Habitat mereka makin lama makin sulit ditemukan. Sejak ditemukan pada 1941 binatang ini tidak lagi terlihat.

Kadal ini diyakini membutuhkan gua-gua yang lembab dan para aktivis pelestarian lingkungan tadinya memperkirakan hutan yang kering karena penebangan besar-besaran, membuat spesies ini punah.

Moore menambahkan, spesies ini termasuk beruntung karena jenis-jenis binatang lain mungkin sudah lama punah selamanya.

Temuan akhir akan dipaparkan dalam konferensi PBB tentang keanekaragaman hayati di Nagoya, Jepang.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ يَّرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ اَمَّنْ يَّمْلِكُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَمَنْ يُّخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُّدَبِّرُ الْاَمْرَۗ فَسَيَقُوْلُوْنَ اللّٰهُ ۚفَقُلْ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

(QS. Yunus ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement