REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sukses menggelar Jakarta Green Office (JGO) dua tahun lalu, Tim Jakarta Green and Clean yang terdiri dari Unilever, Delta FM, Republika, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggulirkan kembali aksi peduli lingkungan. Konsolidasi itu direncanakan bakal menelurkan wadah yang representatif. Sebuah wadah yang mampu merangkul seluruh komunitas lingkungan perkantoran yang berada di Jakarta.
"Wong kantor kok sudah sibuk lalu dikejar-kejar kompetisi. Lalu kita pikirkan wadah pengganti kompetisi. Dengan begitu jangkauannya jauh lebih luas," ungkap Ketua Tim Green and Clean yang juga General Manager Delta FM Nia Soewardi saat silaturahmi bersama peserta JGO 2010 di Jakarta, Rabu (25/8). Nia mengatakan wadah itu tengah digodok dan disempurnakan sehingga nantinya dapat menjadi kekuatan utama JGO dalam melanjutkan programnya di tahun-tahun mendatang.
Menurut Nia, fungsi utama dari organisasi ini adalah memaksimalkan peran anggota untuk menggiatkan kampanye peduli lingkungan perkantoran di sekitar mereka. "Saya percaya, mereka (anggota) memilki kemampuan yang lebih untuk menggandeng teman-teman mereka untuk ambil bagian dalam Jakarta Green Office," kata dia.
Selain mempersiapkan wadah organisasi bagi JGO, pihaknya juga tengah menyiapkan buku panduan yang nantinya bakal menjadi acuan bagi para peserta JGO yang baru ambil bagian. Tak hanya itu, Nia mengatakan pihaknya juga menyiapkan acara lanjutan berupa roadshow JGO ke 24 titik yang berlokasi di Jakarta. "Kami fokuskan agenda 2010 untuk melakukan tiga hal yaitu roadshow, diskusi, dan buku pedoman," tuturnya.
Khusus roadshow, kata Nia, akan berlangsung di bulan Oktober, November dan Desember 2010. Pelaksanaanya bakal segera disusun dan disosialisasikan sehingga peserta baru dan lama bakal ikut menyemarakan. "Ini adalah niat kami, dengan waktu yang tersisa bisa dimanfaatkan secara maksimal pelaksanaan untuk 2011," ungkapnya.
Ihwal kelanjutan format kompetisi, Nia menyatakan pihaknya bakal memberikan sesuatu yang lebih dari sekedar kompetisi. Maksudnya, kompetisi tetaplah berjalan namun dengan sistem penghargaan yang lebih mengena. Penghargaan yang diberikan nantinya berupa percontohan atau bentuk lain yang bisa membuat pemenangnya kian termotivasi untuk lebih baik dan menularkan kesuksesannya. "Sistem penilaiannya tetap sama, dengan membagi peserta menjadi empat kelompok yakni Home Office, Khusus (seperti rumah sakit, kampus), Manajemen Buliding dan Pemerintahan," ujarnya.
Jakarta Green and Clean (JGO) merupakan ajang untuk merealisasikan upaya peduli lingkungan dalam aksi nyata yang dikemas melalui sebuah program sosialisasi sekaligus sebagai ajang kompetisi. Kompetisi yang dimaksud adalah kompetisi antar kelompok perusahaan mengenai kepedulian terhadap lingkungan kerja.