Selasa 09 Nov 2010 22:27 WIB

Sterilisasi Busway Persingkat Waktu Tempuh

Rep: C22/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sterilisasi jalur transjakarta atau busway berdampak positif terhadap peningkatan pelayanan bus transjakarta, terutama pada peningkatan waktu tunggu. Program ini dimulai sejak 2 Agustus 2010 di empat koridor yaitu Koridor I (Blok M-Kota), Koridor III (Kalideres-Harmoni), Koridor V (Kampungmelayu-Ancol) dan Koridor VI (Ragunan-Harmoni).

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengadakan survei pada 25-27 Agustus 2010 dengan 1.000 responden yang terdiri dari pengguna transjakarta, pengendara kendaraan pribadi dan pengguna angkutan umum non transjakarta. Hasilnya, YLKI menemukan sebelum program sterilisasi dijalankan, 84 persen penumpang menunggu lebih dari 15 menit.

Sementara setelah sterilisasi dilakukan, sebanyak 55 persen penumpang menunggu diantara 5-15 menit. Artinya, waktu tunggu para pengguna busway menjadi lebih singkat dari sebelumnya. Tidak hanya itu, pasca-sterilisasi, waktu tempuh penumpang untuk jarak tempuh yang sama menjadi lebih cepat lagi, yaitu antara 2 hingga 10 menit dari waktu tempuh sebelum sterilisasi.

Anggota pengurus harian YLKI, Tulus Abadi, mengatakan hasil survey juga menunjukkan adanya tingkat kepatuhan pengguna jalan untuk tidak memasuki koridor Transjakarta. Persentasenya mencapai lebih dari 50 persen. Hal ini mengindikasikan adanya kesadaran pengguna jalan untuk tidak menyerobot jalur busway.