Selasa 30 Nov 2010 03:08 WIB

Sterilisasi Jalur Busway akan Dilakukan Lagi Awal Januari

Rep: C22/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sterilisasi jalur transjakarta atau busway akan kembali dilakukan pada Januari 2011. Sterilisasi ini akan mulai diberlakukan di empat koridor, yakni koridor II (Harmoni-Pulogadung), koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas 2), koridor VII (Kampung Melayu-Kampung Rambutan), dan koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni).

Sterilisasi ini dilakukan untuk mengalihkan para pengguna kendaraan pribadi ke armada bus transjakarta. Target kenaikan penumpang pasca-sterilisasi seluruh koridor busway ini adalah 25 persen dari jumlah penumpang sebelum ada sterilisasi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, mengatakan sterilisasi terbukti membuahkan hasil. “Kenaikan penumpangnya berkisar 18-23 persen,” katanya pada Senin, (29/11). Ia mengaku tetap melakukan sterilisasi meski diketahui beberapa jalur busway berada pada jalur yang sempit seperti di koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni).

Untuk mengatasi kemacetan yang akan timbul, DKI merencanakan untuk memperlebar jalan tersebut. Pris juga menggalakan penggunaan fasilitas Park and Ride yang ada di Ragunan, Kampung Rambutan, dan Kali Deres. Sedangkan fasilitas park and ride di Pulo Gebang, Jakarta Timur masih dalam proses tender. “Rencananya akan dibangun pada 2011 dan selesai pada 2012,” katanya.