Sabtu 04 Dec 2010 01:23 WIB

Sebabkan Macet, Warga Condet Keluhkan Material Galian Drainase

Rep: Ditto Pappilanda/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta--Belum rampungnya kegiatan galian drainase saluran air di Jalan Condet Raya, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, membuat jalan alternatif menuju Cililitan ini rawan macet. Bahan galian berupa tanah liat dan plat beton yang menumpuk di sepanjang bahu jalan merugikan aktivitas ekonomi warga Condet.

Bahan galian ini menghalangi akses masuk menuju warung maupun toko-toko milik warga yang sebagian besar tepat berada di sisi Jalan Condet Raya. Pemasangan plat beton untuk saluran air yang sudah dimulai tiga bulan terakhir ini banyak yang sudah rampung.

"Tapi bekas galiannya tak dirapihin. Kan, bikin kumuh, apalagi kalau hujan," ujar Kardono, pemilik warung internet (warnet) yang halaman depannya terhalangi tanah galian yang masih menumpuk. Akibat tanah galian ini, pengunjung warnet Kardono sulit memarkir kendaraan roda duanya. Kardono pun mengeluhkan jumlah pengunjungnya yang berkurang sampai setengahnya sejak kegiatan galian drainase di mulai Agustus silam.

Pengguna jalan pun harus bersabar akibat penyempitan lebar jalan akibat termakan tumpukan bahan galian. Kendaraan dari arah Pasar Rebo maupun Cililitan harus saling menunggu karena tidak bisa melalui Jalan Condet Raya yang hanya muat dilalui kendaraan roda empat secara bersamaan.