Selasa 26 Jul 2011 10:33 WIB

Penularan Hepatitis B Sangat Berbahaya pada Bayi

Red: cr01
Ilustrasi
Foto: ahliasuransi.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Infeksi virus Hepatitis B dan Hepatitis C bisa menyerang dewasa, anak-anak dan bayi yang baru lahir. Hepatitis B dan juga Hepatitis C dapat menyebabkan infeksi kronik yang berakhir menjadi sirosis dan kanker hati.

Namun infeksi Hepatitis B pada bayi memberi resiko yang sangat besar. Pada bayi di kandungan maupun saat lahir yang tertular Hepatitis B mayoritas akan kronis. ''Bayi yang tertular Hepatitis B di atas 90 persen akan kronis dan seumur hidupnya akan menderita. Dan hanya 10 persennya yang bisa sembuh,'' jelas Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), Unggul Budihusodo, di Jakarta, Senin (25/7).

Kondisi ini berbeda pada orang dewasa. Bila orang dewasa terinfeksi Hepatitis B, maka hanya 10 persen yang akan kronis. Sementara 90 persen dewasa yang tertular Hepatitis B akan sembuh. "Karena itu vaksin Hepatitis B menjadi salah satu vaksin dari lima vaksin dasar yang harus diberikan pada bayi lahir usia 0-7 hari," kata Unggul.

Pada 2010 provinsi yang paling tinggi angka pemberian imunisasi Hepatitis B-nya adalah Yogyakarta. Sebesar 98 persen dari bayi yang lahir sudah diimunisasi. Disusul oleh Provinsi DKI Jakarta.