Selasa 17 Sep 2024 09:28 WIB

Hal Sepele yang Ternyata Bisa Tularkan Hepatitis, Cegah Sebelum Terlambat

Menurut dokter, virus Hepatitis dapat menyerang melalui berbagai cara.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Hepatitis (ilustrasi). Virus Hepatitis dapat menyerang melalui berbagai cara mulai dari malas mencuci tangan hingga berbagi makanan dan minuman dengan orang lain.
Foto: Dok Republika
Hepatitis (ilustrasi). Virus Hepatitis dapat menyerang melalui berbagai cara mulai dari malas mencuci tangan hingga berbagi makanan dan minuman dengan orang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hepatitis, penyakit yang menyerang hati, sering kali dianggap sepele. Padahal, virus penyebab Hepatitis dapat menular melalui berbagai cara, mulai dari kebiasaan sehari-hari yang sering dianggap sepele hingga melalui kontak dengan cairan tubuh tertentu.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ihsan Panji Santiko, Sp.PD mengingatkan virus Hepatitis dapat menyerang melalui berbagai cara mulai dari malas mencuci tangan hingga berbagi makanan dan minuman dengan orang lain. “Ketika kita berpergian, kita suka memegang permukaan benda-benda sekitar, itu juga bisa menularkan virus Hepatitis apabila sebelumnya ada yang membawa virus itu dan memegang benda yang sama,” kata Ihsan dalam diskusi daring Dinas Kesehatan DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Oleh karena itu, Ihsan mengingatkan agar masyarakat tidak malas mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri. Sebab, tangan yang tampak bersih belum tentu benar-benar bersih dan tak ada kuman serta virus yang menempel.

Selain itu, Hepatitis juga bisa menular melalui makanan dan minuman yang tercemar virus Hepatitis. Umumnya, jenis Hepatitis yang menular melalui cara ini adalah Hepatitis A dan E.