Selasa 01 Sep 2015 12:00 WIB

Diet Nutrisi Sangat Penting Bagi Pasien Gagal Ginjal

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Pasien gagal ginjal.
Foto: Antara/Eric Ireng
Pasien gagal ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, Ginjal kita berfungsi untuk menyaring darah, mengeluarkan cairan yang berlebih, garam, mineral dan sisa metabolisme yang dimakan atau diminum.

Namun, berbeda dengan penderita gagal ginjal dimana ginjal mereka tidak mampu menyaring dan mengeluarkan cairan dan sisa metabolisme dari dalam tubuh, sehingga diperlukan suatu terapi pengganti ginjal (dialisis). Terapi dialisis diperlukan jika terjadi penurunan fungsi ginjal 90 persen atau lebih.

Terapi dialisis ini dimaksudkan untuk mengganti sementara fungsi ginjal yang berguna untuk menjaga tubuh agar tetap berfungsi normal seperti biasa. Sayangnya, terapi dialisis bukanlah obat untuk penyakit ginjal karena mesin dialisis tidak mampu menyaring darah sebaik ginjal yang sehat, ditambah, ginjal yang sehat bekerja sepanjang waktu, sedangkan pada umumnya penderita gagal ginjal hanya menjalani hemodialisis 2-3 kali seminggu.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dr. Sunny SpPD, dari Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan, jika melakukan terapi ini pasien gagal ginjal perlu lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Tidak boleh terlalu banyak minum, terlalu banyak makan makanan asin, atau makan berlebih, karena hal ini dapat menimbulkan masalah di tubuh pasien yang akan menyebabkan berbagai keluhan.