Rabu 11 May 2016 08:20 WIB

Begini Manfaat Imunisasi bagi Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Anak diimunisasi
Foto:
Pemberian imunisasi ke anak.

Sebelum vaksin pneumokokus ditemukan, pneumokokus menyebabkan 63 ribu kasus invasive pneumococcal disease (IPD) dengan 6.100 kematian di AS setiap tahun.  Banyak anak yang menderita gejala sisa berupa ketulian dan kejang-kejang.

“Dari data di atas para ahli menyimpulkan bahwa imunisasi adalah salah satu di antara program kesehatan masyarakat yang paling sukses dan cost-effective. Program imunisasi telah menyebabkan eradikasi penyakit cacar (variola, smallpox), eliminasi campak dan poliomielitis di berbagai belahan dunia. dan penurunan signifikan pada morbiditas dan mortalitas akibat penyakit difteri, tetanus, dan pertusis,” ujarnya dalam seminar yang dilaksanakan dalam rangka peringatan hari imunisasi dunia di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

Badan kesehatan dunia (WHO) pada 2003 memperkirakan dua juta kematian anak dapat dicegah dengan imunisasi. Di Indonesia salah satu keberhasilan imunisasi polio adalah pada  2014 dinyatakan bebas polio. Katz (1999) bahkan menyatakan bahwa imunisasi adalah sumbangan ilmu pengetahuan yang terbaik yang pernah diberikan para ilmuwan di dunia ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement