Selasa 31 May 2016 11:13 WIB

Lima Kebiasaan Ini Ajak Anda Hidup Sehat

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Visualisasikan gaya hidup dan santapan sehat anda setiap hari (Ilustrasi)
Visualisasikan gaya hidup dan santapan sehat anda setiap hari (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian menunjukkan, bangun pagi umumnya membuat tubuh lebih ramping, sehat, dan bahagia. Ini membuktikan pepatah lama yang berbunyi 'Early bird catches the worm'.

Setelah bangun, lakukan lima kebiasaan ini di bawah jam sembilan untuk tubuh yang lebih segar dilansir dari News.co.au, Selasa (31/5).

Bergerak

Meskipun tidak ada waktu terbaik untuk latihan, pagi hari tampaknya memiliki satu keunggulan. Anda bisa menggerakkan tubuh pada pagi hari karena sedikit konflik kesibukan lain seperti rapat, tugas sekolah dan sebagainya. Studi secara konsisten menunjukkan, orang yang berolahraga di pagi hari lebih mugkin untuk menjadikannya kebiasaan.

Sarapan

Menurut peneliti dari Harvard University, sarapan yang sehat dapat menjaga kolesterol, membuat tubuh lebih responsif terhadap insulin (dan membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2), meningkatkan kinerja yang berhubungan dengan memori, meminimalkan ngemil, dan makan berlebihan.

Selain itu, mereka yang sarapan mengonsumsi lebih banyak jenis nutrisi dengan memasukkan lebih banyak buah, sayuran, susu dan biji-bijian dibanding mereka yang tidak sarapan.

Napas Dalam-Dalam

Rata-rata seseorang mengambil 23.040 napas sehari. Tapi berapa banyak dari napas itu yang santai?

Komitmen untuk dua menit bernapas dalam dan meditasi setiap hari memiliki manfaat besar untuk tubuh Anda (baik secara fisik maupun mental). Ini akan mengaktifkan sistem parasimpatis saraf yang membantu menurunkan tekanan darah, denyut jantung dan mengurangi stres.

Hanya dengan menutup mata dan fokus, menghirup napas dalam dan menghembuskannya. Anda dapat melakukan ini di bus, kereta atau saat bangun tidur.

Konsisten

Bangun pada waktu yang sama setiap hari akan menstabilkan jam biologis tubuh yang membantu mengatur hormon pengontrol tingkat nafsu makan, stres, dan gula darah.

Kesiangan atau tidur terlalu larut membuat Anda membuang hormon ini. Hal ini tidak hanya memengaruhi tingkat energi Anda, tetapi juga dapat menyebabkan makan berlebihan, meningkatkan risiko kondisi kesehatan kronis.

Rehidrasi

Ketika Anda tidur untuk jangka waktu panjang, normal bagi tubuh kehilangan kelembaban. Itu mengapa air minum ketika bangun sangat masuk akal.

Namun, tidak dengan air panas dan lemon yang sering disebut-sebut untuk mempercepat metabolisme, detoksifikasi dan membantu pencernaan. Parahnya, itu justru dapat merusak email pada gigi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement