Jumat 02 Sep 2016 14:55 WIB

6 Manfaat Baik Aktif Bersepeda

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Warga bersepeda di kawasan TMII
Foto: Rizky Suryarandika/Republika
Warga bersepeda di kawasan TMII

REPUBLIKA.CO.ID, Bersepeda adalah hobi yang murah dan menyenangkan. Pesepeda Inggris Diane Jeggo juga menyebutkan sejumlah manfaat berikut yang bakal Anda dapatkan jika teratur melakoninya.

Lebih bugar

Bersepeda bisa membakar kalori dan membuat tubuh Anda lebih bugar. Kebiasaan baik ini meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, menurunkan indeks massa tubuh, serta menekan tingkat kolesterol.

Kekuatan otot meningkat

Bersepeda secara teratur meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot. Pada akhirnya, kondisi itu meningkatkan mobilitas sendi dan memperkuat tulang Anda.

Menghilangkan stres

Aktif bergerak akan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin sehingga Anda merasa lebih santai, positif, dan bahagia. Itu sebabnya bersepeda juga dapat mengurangi kecemasan, masalah psikologis, dan depresi.

Tidur lebih nyenyak

Peneliti dari University of Georgia menemukan bahwa orang yang kurang sehat cenderung lebih sulit tidur. Sementara, bersepeda sangat menyehatkan sehingga membuat istirahat malam Anda lebih nyenyak.

Cara seru bersosialisasi

Bersepeda secara berkelompok adalah cara seru untuk bersosialisasi. Anda bisa janjian bersepeda bersama sahabat atau berkenalan dengan kawan pesepeda baru.

Baik untuk lingkungan

Bersepeda tentu saja baik untuk lingkungan alam karena mengurangi emisi dan polusi. Anda juga dapat menikmati pemandangan indah selama melakukan hobi yang termasuk gaya hidup hijau ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement