Jumat 16 Dec 2016 08:46 WIB

Manfaat Lain Asam Jawa, Menghilangkan Lemak Perut

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Andi Nur Aminah
Asam Jawa
Foto: astrogle.com
Asam Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Asam jawa merupakan buah banyak dikenal di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Selain sering digunakan sebagai bahan minuman, buah ini juga masuk dalam daftar bumbu dapur favorit yang selalu digunakan para ibu untuk mengolah makanan.

Namun siapa sangka, asem jawa memiliki khasiat khusus di antaranya menghilangkan lemak di perut. Ahli kesehatan keluarga, dr Ferihana mengatakan, kandungan asam jawa sendiri tidak menyebabkan asam lambung naik. Justru asam jawa dapat membersihkan kotoran pada saluran usus besar. "Maka itu, buah ini juga bagus dikonsumsi untuk menghilangkan lemak perut. Sehingga perut yang gendut, lambat laun dapat mengecil," katanya.

Menurut Ferihana, minuman asam jawa juga sangat efektif untuk digunakan saat rukiah. Di sisi lain asem jawa dapat dikonsumsi oleh siapapun. Baik anak-anak maupun orang dewasa. “Orang yang punya sakit mag dan asam lambung tinggi juga boleh mengonsumsi asam jawa,” katanya.

Cara memanfaatkannya pun mudah. Cukup dengan mengonsumsinya sebagai bumbu masakan atau minuman. Namun agar lebih praktis dan menyegarkan, asam jawa lebih baik dikomsumsi sebagai minuman. Cukup dicampur dengan air putih dan ditambahkan gula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement