Kamis 02 Apr 2015 05:00 WIB

Cara Mudah Cegah Mual dan Muntah Saat Hamil

Red: Winda Destiana Putri
Wanita hamil muntah (Ilustrasi)
Wanita hamil muntah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin Anda sudah sering mendengar saran, makan sedikit namun sering demi menangkal mual muntah yang kerap terjadi di trimester pertama kehamilan.

Selain itu, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan demi mengatasi keluhan yang dialami hampir semua wanita hamil tersebut seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Hirup aroma segar

"Morning sickness kerap dikaitkan dengan aroma," tulis Miriam Erick dalam bukunya Managing Morning Sickness: A Survival Guide for Pregnant Women. Jika Anda tidak bisa membuka jendela kantor atau berjalan di udara terbuka, selalu bawa botol berisi ekstrak lemon atau aroma lain yang disuka di dalam tas Anda.

Bicarakan dengan orang sekitar

Mungkin suami tidak tahu bahwa ciuman manis yang dia berikan setelah makan pizza tanpa menggosok gigi atau aroma sabun yang dia gunakan membuat Anda mual. Ungkapkan dengan jujur.

Pelajari pola mual muntah Anda

Jika Anda merasa mual di waktu yang sama di pagi hari, mungkin itu karena aroma masakan tetangga Anda. Jika Anda mengetahui penyebabnya, tentu Anda bisa mengambil langkah pencegahan.

Konsumsi air putih

Semakin Anda dehidrasi, semakin Anda merasa mual.

Jahe

Jahe sudah lama dipercaya bisa membuat perut nyaman, dan studi membuktikan jahe bisa meredakan mual. Cobalah menambahkan potongan jahe ke dalam air putih hangat atau teh, atau sediakan selalu permen jahe.

Sesuaikan layar komputer

Mungkin Anda menganggap browsing di internet akan mengalihkan perhatian dari rasa mual. Tapi layar komputer yang terlalu terang dan pergerakan layar justru membuat Anda semakin mual. Buat font komputer Anda lebih tebal dan besar dan ubah latar belakang menjadi pink muda atau coklat muda. Beristirahatlah sejenak setelah beberapa saat di depan komputer, atau pejamkan mata Anda sebentar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement