Rabu 23 Mar 2016 14:46 WIB

Mau Utang Anda Cepat Lunas, Lakukan 5 Hal Ini

Red: Indira Rezkisari
Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).
Foto:
Utang Piutang

Gali Lubang-Tutup Lubang

Cara ini mungkin hanya akan Anda lakukan jika memang utang itu sudah mendesak. Anda bisa mengajukan kredit ke bank. Coba usahakan untuk menyewa kredit tanpa agunan dengan bunga rendah. Selain itu, Anda juga bisa transfer saldo dari kartu kredit yang berbunga tinggi ke kartu kredit yang berbunga rendah. Keuntungannya, uang Anda yang ada di kartu kredit tidak akan terlalu banyak terpotong oleh bunga jika Anda mengalihkannya ke kartu kredit yang berbunga rendah. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah yang cukup banyak.

Anda juga bisa meminjam dana segar kepada sanak famili atau orang terdekat lain yang memang sedang memiliki uang. Tapi, jangan lupa juga untuk membicarakan bagaimana cara pembayaran dan kapan Anda akan melunasinya. Keuntungan meminjam dari keluarga ini adalah Anda tidak akan mendapatkan bunga, seperti halnya meminjam ke bank.

Jual atau Gadaikan Barang Kesayangan

Cara ini juga bisa Anda lakukan saat sedang terbelit utang. Anda bisa menjual barang kesayangan kepada orang lain yang membutuhkan. Tapi, jika memang Anda masih ingin memiliki barang tersebut, Anda bisa menggadaikannya ke kantor pegadaian. Harapannya, karena itu barang kesayangan, Anda kelak bisa mengambilnya kembali jika sudah bisa melunasi utang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement