Senin 02 Jan 2017 14:00 WIB

James Harden Ukir Sejarah NBA

Red:

TEXAS — Houston Rockets tampil impresif kala menjamu tamunya, New York Knicks, di Toyota Center Arena, Ahad (1/1), dengan skor 129-122. Point guard James Harden keluar sebagai pahlawan usai mencetak triple double, dengan menyumbangkan 53 poin, 17 assists, dan 16 rebound. Ini menjadi kali ke-17 raihan triple double yang dilakukan oleh pebasket berusia 27 tahun ini.

Sebagaimana dilansir ESPN FC, Ahad (1/1), pencapaian yang dilakukan Harden tersebut telah mencatatkan namanya ke dalam rekor baru di NBA sebagai pemain pertama yang membukukan raihan lebih dari 50 poin, 15 rebound, dan 15 assist dalam satu pertandingan.

Pebisnis terkemuka sekaligus pemilik saham Houston Rockets, Leisle Alexander, menyatakan kekagumannya kepada Harden. Dia menilai Harden sebagai salah satu pebasket terbaik di dunia saat ini. "Dia (Harden) salah satu pemain besar sepanjang masa. Ia pantas mendapatkan itu," ujarnya dikutip ESPN.

Sementara, Harden mengungkapkan, dirinya tidak percaya dengan penampilan mengagumkan yang telah diukirnya saat melawan New York Knicks. "Ketika saya melihat, itu luar biasa. Saya sedikit terkejut. Kemenangan ini untuk para fan kami (Rockets) dan tim," katanya.

Manajer Rocktes Mike D'Antoni melemparkan pula pujian atas penampilan impresif Harden yang mengantarkan timnya menang untuk pertandingan terakhir pada 2016. "Luar biasa," katanya.

Dalam laga tersebut, Ryan Anderson turut pula memberikan kontribusinya bagi kemenangan Rockets lewat 25 poin. Selanjutnya, 15 poin disumbangkan oleh Eric Gordon, Trevor Ariza (14 poin), dan Montrezl Harrell (13 poin). Di kubu tim tamu, Brandon Jenning mencetak 32 poin, Derrick Rose 21 poin, Joakim Noah membuat double-double dengan dan 15 poin dan 16 rebound serta 15 poin dari Justin Holiday.

Kemenangan itu membuat Rockets makin mantap di posisi ketiga klasemen Wilayah Barat dengan raihan 26 kemenangan dan sembilan kekalahan (26-9), sementara Knicks (16-17) tertahan di urutan delapan Wilayah Timur.

Knicks lebih dulu memegang keunggulan 32-27 atas Rockets pada pengujung kuarter pertama berkat 11 poin yang dicetak Jennings dan sembilan poin milik Rose.

Namun, Rockets melesat mencetak 42 poin tambahan pada kuarter kedua. Di antaranya lewat delapan kali tembakan tiga angka yang berhasil membalikkan keadaan menjadi 69-55 kala menutup paruh pertama pertandingan. Knicks berusaha mengejar dengan mengungguli perolehan poin Rockets 37-30 pada kuarter ketiga. Tetapi, itu hanya memangkas jarak ketertinggalan menjadi 92-99 saat kuater tersebut berakhir.

Sebanyak 13 poin yang dicetak Harden menyokong 30 poin tambahan yang diraih Rockets pada kuarter pamungkas, demi menjaga jarak keunggulan tujuh poin dan memastikan kemenangan 129-122 kala bel tanda laga usai berbunyi.

Kedua tim baru akan melakoni laga lanjutan masing-masing pada Selasa (3/1) WIB, dengan Rockets menjamu Washington Wizards (16-16), sementara Knicks menghadapi Orlando Magic (15-19) di kandangnya sendiri.

Dari pertandingan lainnya, Chicago Bulls dipaksa kalah oleh Milwaukee Bucks dengan skor 116-96 di United Center, Illinois. Pemain debutan Bucks, Malcolm Brogdon, menorehkan triple-double pertamanya di NBA dengan 15 poin, 11 rebound, dan 12 assist, sementara Greg Monroe membukukan double-double lewat 15 poin dan 12 rebound, serta Jabari Parker turut menyumbangkan 27 poin untuk kemenangan tim tamu.

Di kubu tuan rumah, Jimmy Butler menjadi tulang punggung permainan dengan mencetak 26 poin, mengamankan tujuh rebound, dan mengirimkan delapan assist, sedangkan Robin Lopez mencapai double-double lewat 12 poin dan 10 rebound.

Selanjutnya, Russell Westbrook mencatatkan pula triple-double ketika membawa Oklahoma City Thunder mempermalukan Los Angeles Clippers 114-88 di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma, dengan mencapainya lewat sebuah defensive rebound paad sisa waktu 34,9 detik kuarter kedua alias ketiga tercepat sepanjang sejarah NBA. Dalam pertandingan itu, Westbrook menyumbangkan 17 poin, 12 rebound, dan 14 assist sekaligus menjadi triple-double kali ke-16 yang dilakukannya pada musim ini. rep: Anggoro Pramudya antara ed: M Akbar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement