Kamis 05 Jan 2017 19:13 WIB

PBSI Umumkan Pelatih dan Pemain Pelatnas

Red: Firman

JAKARTA -- Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengumumkan racikan baru komposisi pelatih atlet pelatnas. Komposisi baru tersebut diharapkan bisa membawa atlet pelatnas meningkatkan prestasi di bawah kepengurusan 2016/2020. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI Susi Susanti menyatakan, kini bola diserahkan kepada para pelatih untuk menempa atlet pelatnas. "Saya memberikan wewenang kepada pelatih dengan komposisi yang baru ini karena mereka yang tahu betul bagaimana kondisi setiap atlet," kata Susi, di Pelatnas PBSI, Cipayung, Rabu (4/1). 

Dia mengharapkan komposisi pelatih yang baru ini dapat mendukung program-program yang sudah disiapkan PBSI. Terlebih, perekrutan pelatih tersebut juga sudah dilakukan sejak kepengurusan PBSI yang baru dibentuk meski pelatikan resmi belum dilakukan. 

Wakil Ketua Umum I PBSI Alex Tirta juga berharap komposisi yang sudah dibentuk bisa membuat semua target PBSI tercapai. "Saya berharap dengan kerja keras dan peran semua pihak semuanya bisa tercapai," tutur Alex. 

Dia menyatakan, komposisi yang baru tersebut juga bisa mendukung semua proyeksi dari kepengurusan yang baru. Dia juga menegaskan, kepengurusan 2016/2020 ini akan memaksimalkan apa yang sudah ada di PBSI sekarang. 

Dari nama-nama pelatih yang sudah diracik, ada beberapa yang masih menempati posisinya yang lama. Richard Mainaky masih menjadi kepala pelatih ganda campuran utama tetapi mendapatkan asisten pengganti, yaitu Vita Marissa. Sebelumnya, asisten Richard adalah Nova Widianto yang kini menjadi kepala pelatih ganda campuran pratama. 

Lalu, untuk tunggal putra utama, posisi kepala palatih diisi oleh Hendry Saputra dan asistennya, Irwansyah. Sementara, tunggal putri ganda putra utama akan dilatih oleh Herry Iman Pierngadi dengan asisten Aryono Miranat. Selanjutnya, ganda putri utama akan dilatih oleh Eng Hian dan asisten Chafidz Yusuf. 

Susi menuturkan, penentuan pelatih tunggal putri masih belum diputuskan. Hanya saja, Susi memastikan, nominasi sudah ada dan tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto menyatakan, PBSI secara resmi sudah membuat daftar line up atlet setiap nomor. Budi mengungkapkan, ada alasan tersendiri penentuan komposisi atlet tersebut dibuat lebih awal, padahal kepengurusan baru PBSI belum resmi dilantik. Budi meyakinkan, hal tersebut memang perlu dibuat sebagai persiapan menghadapi beberapa turnamen terdekat tahun ini. "Keputusan pembentukan pengurus hingga pelatih dan juga atlet harus segera dilakukan," kata Budiharto di Pelatnas PBSI, Cipayung, Rabu (4/1). 

Menurut Budiharto, ada beberapa kejuaran yang bergantung pada peringkat atlet sehingga komposisi harus segera dibentuk. "Tahun ini ada kejuaran All England dan beberapa turnamen di Indonesia serta kejuaran dunia," jelas Budiharto. Untuk itu, komposisi tersebut sangat penting segera dibentuk agar pelatihan bisa berjalan dengan baik.

Budiharto juga berharap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bisa mengeluarkan surat mengenai pelantikan resmi pengurusan PBSI yang baru. Dia mengetahui, surat tersebut cukup lama diproses sehingga agak menghambat kelangsungan pembinaan yang harus dilakukan.

Meski begitu, Budiharto memastikan proses pengajuan komposisi dan pelantikan sudah dilakukan. "Sudah kami tempuh (pengajuan pelatikan pengurus), tapi pasti prosesnya akan lama. Tapi tetap harus ada kepastian untuk menyusun progam selanjutnya kan," jelas Budiharto.

Terkait komposisi atlet, sektor tunggal putra utama diisi oleh tujuh atlet. Beberapa di antaranya adalah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Sementara, tunggal putri utama juga diisi tujuh atlet, di antaranya adalah Fitriani dan Hanna Ramadhini. 

Ganda putra utama diisi 12 atlet, salah satunya Kevin Sanjaya Sukomulyo dan Marcus Fernaldi Gideon. Lalu ganda putri utama juga terdiri atas 12 atlet dengan dipimpin Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari Korwa. 

Sementara, ganda campuran utama masih diisi oleh pemain-pemain lama yang pada 2016 berhasil meraih prestasi besar. Nama Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir masih menjadi andalan. Begitu juga dengan Praveen Jordan dan Debby Susanto yang masih menjadi komposisi utama ganda campuran. rep: Rahayu Subekti ed: Abdullah Sammy

 

Daftar Atlet Pelatnas PBSI 2017:

Tunggal putra

Utama: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting Ihsan Maulana Mustifa, Firman Abdul Kholik, M. Bayu Pangisthu, Panji Ahmad Maulana, Krisna Adi Nugraha

Tunggal putri

Utama: Fitriani, Hanna Ramadini, Dinar Dyah Ayustine, Gregoria Mariska, Ruselli Hartawan, Aurum Oktavia Winata, Gabriela Meilani Moningka

Ganda putra

Utama: Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldy Gideon, Angga Pratama, Ricky Karanda Suwardi, M. Ahsan, Rian Agung Saputro, Fajar Alfian, M. Rian Ardianto, Berry Angriawan, Hardianto, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira, Ade Yusuf

Ganda putri

Utama: Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Harris, Rosyita Eka Putri Sari, Anggia Shitta Aanda, Ni Ketut Mahadewi istiriani, Rizki Amelia Pradipta, Tiara Rosalia Nuraida, Tiara Rosalia Nuraidah, Meirisa Cindy Sahputri, Nisak Puji Lestari, Apriyani Rahayu, Yulfira Barkah

Ganda campuran

Utama: Tontowi Ahmad, Praveen Jordan, Ronald Alexander, Edi Subaktiar, Alfian Eko Prasetyo, Hafiz faisal, Liliyana Natsir, Debby Susanto, Melati Daeva Octaviani, Gloria Emanuelle Widjaja, Annisa Saufika, Shela Devi Aulia 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement