Selasa 01 Nov 2016 14:00 WIB

Pertamina Gali Potensi Sains Anak Muda

Red:

Pertamina menggelar kompetisi dan pemgembangan sains bagi anak Indonesia melalui kegiatan "Pertamina Science Fun Fair."

"Ini bentuk nyata perhatian Pertamina terhadap pengembangan dan kompetisi sains agar lahir saintis dan inovator masa depan sejak usia dini," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro usai pembukaan acara ini di Atrium Kota Kasablangka, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Disebutkan, perhatian  perseroan  mengembangkan dunia sains telah dirintis melalui sains nasional tingkat perguruan tinggi sejak 2007. Saat ini ada seorang pelajar bernama Naufal Raziq berasal dari Rantau, Aceh, yang memiliki prestasi dengan inovasi menciptakan alat sederhana yang mampu menyalurkan energi listrik dari pohon kedondong.

"Kita ingin ada Naufal baru dari daerah-daerah dan Pertamina akan terus menggali potensi anak-anak Indonesia," kata Wianda.

Menurut dia, Pertamina akan menggali potensi anak-anak Indonesia, khususnya di daerah tertinggal, terpencil, dan terluar. Oleh sebab itu, Pertamina Science Fun Fair merupakan wadah bagi anak-anak usia dini dalam mengembangkan minat dan kompetisi sains.

"Tentunya Pertamina akan melihat potensi anak daerah tertinggal, terpencil, dan terluar melalui program CSR Pertamina," jelas Wianda.

Perkenalkan iptek

Di tempat yang sama, Direktur Sistem Inovasi Kementerian Riset Tekonologi dan Pendidikan Tinggi Ophirtus Sumule mengungkapkan, Pertamina Science Fun Fair merupakan gaya baru yang memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi di tempat keramaian, seperti mal. "Kami sangat mendukung kegiatan ini. Santai, tetapi belajar tidak berada di dalam kelas yang formal," katanya, seperti dikutip Antara.

Selain itu, Ophirtus juga sangat memuji prestasi anak-anak yang berinovasi dengan wawasan yang luar biasa mampu menciptakan hal-hal yang baru. Tetapi, sampai kepada industri, kata dia, perlu perbaikan lagi, tetapi apa pun itu, potensi anak-anak seperti Naufal itu memiliki wawasan luar biasa.

Ophirtus mengatakan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi juga memiliki program yang sama seperti Pertamina yang berkaitan dengan pengembangan potensi sains di seluruh Indonesia. "Khusus kegiatan Pertamina Science Fun Fair ini, kami juga terlibat di dalamnya. Ini bentuk sinergi program yang dilakukan bersama-sama dan sangat positif."       ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement