Senin 19 Dec 2016 15:00 WIB

Sambutan “Tertulis” Bob Dylan di Gala Nobel Prize

Red:

Musikus Bob Dylan tak menghadiri acara gala perayaan Nobel Prize di Stockholm, Swedia, Sabtu (10/12). Sebagai penerima Hadiah Nobel Sastra ia seharusnya menghadiri acara tersebut. Meski begitu, ia menggantikan kehadirannya dengan sepucuk surat sambutan.

Sambutan resmi dalam gala tersebut dibacakan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Swedia, Azita Raji. Sebelumnya, ia meminta maaf karena tak bisa datang dalam acara tersebut.

Dikutip dari Billboard meski tak hadir, ia sama semangatnya dengan mereka yang hadir dalam acara tersebut. Ia menyatakan, sangat terhormat meraih penghargaan yang sangat bergengsi itu. "Saya tak membayangkan meraih hadiah nobel," ujar dia.

Sedari kecil ia sudah membaca karya para penerima Hadiah Nobel Sastra seperti Kipling, Pearl S Buck, Thomas Mann, dan Bernard Shaw. Karya-karya tokoh besar itu menurutnya sangat meninggalkan kesan mendalam.

"Sungguh tak bisa digambarkan dengan kata-kata, sekarang nama saya disandingkan dengan mereka," ujar Dylan.

Sebelumnya, Patti Smith disebut akan menggantikan kealpaan peraih Nobel di bidang sastra itu.

Patti yang juga seorang musisi dan penulis lagu ini secara resmi telah diumumkan oleh komite Nobel Prize pada Senin (6/12) akan membawakan lagu "A Hard Rain's A-Gonna Fall". Di samping membawakan lagu Dylan, dia pun akan mengisi acara Nobel Week Dialogue sehari sebelum perayaan itu yang akan membahas pentingnya sebuah panutan.

Smith sendiri mengaku, jika keterlibatannya dalam perayaan malam gala di mulai sejak bulan September. Ketika itu, komite sudah memintanya untuk menyanyi sebelum acara pembacaan penghargaan pada 2016. "Aku telah merencanakan untuk menyanyikan salah satu lagu saya sendiri dengan orkestra," kata Smith pada Rolling Stone.

Tapi, setelah pengumuman jika Dylan menjadi salah satu pemenang penghargaan bergengsi dunia itu, Smith memutuskan untuk membawakan lagu Dylan di samping lagunya sendiri. Dia sengaja memilih lagu "A Hard Rain's A-Gonna Fall" sebagai persembahan di acara gala karena lagu tersebut dianggap sebagai lagu yang indah dan memberikan sebuah arti tentang penyebab penderitaan dan ketahanan, yang akhirnya bisa dilakukan manusia.

"Pengaruhnya telah luas dan saya berutang begitu besar padanya untuk itu. Aku tidak merencanakan untuk menyanyikan lagu Bob Dylan pada 10 Desember, tapi saya sangat bangga untuk melakukannya dan akan melakukan tugas itu dengan rasa syukur karena dia begitu jauh, tapi sekarang, pelindung budaya," ujar Smith yang mengaku sudah mengagumi Dylan sejak masih remaja.      rep: Dwina Agustin, ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement