Selasa 03 Jan 2017 12:00 WIB

2016 Dipenuhi Berita Kematian Selebriti

Red:

Menjelang akhir 2016, masyarakat dunia dikejutkan dengan kematian Carrie Fisher dan George Michael. Sang musikus dunia meninggal di usia ke 53 tahun karena gagal jantung sementara Carrie Fisher, pemeran Princess Leia juga meninggal akibat penyakit jantung.

Selain Michael masih banyak selebriti dunia yang meninggal tahun 2016 ini, salah satunya penyanyi kenamaan Prince. Selain itu, ada juga berita kematian dari David Bowie, Leonard Cohen, Greg Lake dan Keith Emerson, Gene Wilder, Florence Henderson serta Muhammad Ali.

Pemberitaan mengenai kematian selebriti ternyata mendominasi berita utama 2016 lalu. Begitu juga pemberitaan mengenai Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump. Billboard melaporkan artikel untuk dua topik tersebut tahun ini paling banyak diedit di Wikipedia.

Untuk berita kematian selebriti sebanyak 18.230 diedit. Angka ini ternyata lebih dari dua kali lipat halaman presiden terpilih yang terdapat 8933 kali pengeditan.

Selain kedua berita tersebut, pemberitaan mengenai Kanye West ada diposisi tujuh dan The Life of Pablo mendarat di nomor 19 dalam daftar berita teratas Wiki.

Trump dan Kanye West memiliki lebih banyak kesamaan dalam lalu lintas Wiki. Sebelumnya, pada Desember, setelah rapper tersebut menyatakan, ia tidak akan pernah memilih presiden terpilih, keduanya melancarkan pertemuan dadakan di Trump Tower untuk membahas apa yang digambarkan West sebagai "masalah multikultural."

Seperti dilansir dari laman Rolling Stone, Selasa (27/12), 10 posisi teratas Wiki ada dari berbagai bidang dari politik, olahraga, hiburan, dan berita utama nasional. Dukungan kampanye presiden Hillary Clinton menduduki posisi tiga, diikuti oleh pemilihan presiden AS, Pemilihan calon presiden dari Partai Republik, penembakan di klub malam Pulse di Orlando, kompetisi tari Argentina Bailando musim 2015, daftar dukungan kampanye presiden Trump , dalam bidang olahraga dan musik K-Pop 2016.

Entri budaya pop lainnya yang masuk dalam Top 20 termasuk film superhero Film Batman v Superman: Dawn of Justice dan pelukis Vincent Van Gogh. Oleh Desy Susilawati  ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement