Jumat 06 Jan 2017 18:00 WIB

Rambut Bergelombang Jadi Tren

Red:

Tidak hanya busana yang trennya berubah setiap tahunnya, tapi juga gaya rambut. Rambut menjadi bagian penting bagi kita semua.

Karena rambut merupakan bagian tubuh terluar yang paling terlihat selain wajah. Ketika potongan rambut tidak sesuai dengan wajah atau modelnya ketinggalan zaman, tentu saja akan memengaruhi penampilan kita. Nah, penasaran seperti apa tren gaya rambut di 2017?

Penata Rambut Rudy Hadisuwarno mengatakan, tren gaya rambut 2017 inspirasinya datang dari Bohemian Style, Eropa tengah, suku gipsi. Untuk rambut wanita, style-nya lebih loose, bebas, tidak terlalu banyak ombak, tidak terlalu keriting.

"Rambut lebih bervolume, mengembang alami, teksturnya agak megar, gelombangnya besar, bukan spiral atau keriting," kata Pemilik Salon Rudy Hadisuwarno kepada Republika beberapa waktu lalu.

Untuk membuat gelombang tersebut, menurut dia, bisa menggunakan catokan besar. Namun, tidak dicatok terlalu matang hanya cukup asal-asal.

Menurut dia, tidak semua rambut perempuan tahun 2017 ini panjang, ada yang medium. Untuk rambut medium gayanya juga sama lebih berombak, agak sedikit berantakan tidak rapi. Jika ada yang ingin gunakan poni, bisa poni sedikit. Panjang poninya pun tidak rata, ada yang panjang dan pendek. Untuk poni yang panjang, bisa menutupi alis. Tapi, jika ada yang tidak ingin berponi juga bisa.

Untuk yang rambutnya pendek, bisa guntingan rambut model pixie. Sehingga, tekstur rambutnya lembut, karena itu harus digunting dengan pisau, supaya tidak kaku dan ujungnya tipis-tipis. Model pixie ini lebih sporty.

Untuk potongan rambut, Rudy mengatakan, para penata rambut akan mempertimbangkan wajah dan ukuran tubuh seseorang. Jika berbadan gemuk, potongan rambut pendek tak akan bagus. Hal itu karena bagian kepala akan terlihat kecil dan tak proporsional.

Senada, penata rambut Lie Kuang mengatakan, tren style rambut tahun 2017 ini lebih kepada teksturnya. Penataan loose wave yang sedikit diacak (tidak rapi). "Jadi, rambut terkesan bervolume natural, tapi tidak rapi," ujarnya.

Selain itu, fringe (poni) juga akan menjadi tren di tahun ini bentuknya bervariasi . Mulai blunt (lurus), shaggy, round ataupun asimetris. Untuk guntingannya, menurut Lie, lebih ke guntingan rambut pendek sampai medium. Atau lebih tepatnya textured bob style dari pendek pixie bob sampai se bahu (long bob) akan populer pada tahun ini. "Gaya bob yang dimodifikasi sepertinya akan mendominasi tren," kata dia.

Apakah tren gaya rambut 2017 akan cocok untuk semua jenis wajah? Untuk mencocokkan jenis wajah (tren wanita) tahun ini akan populer teknik contouring. Teknik ini mempunyai prinsip contouring pada make up, yaitu bagaimana penempatan highlight dan lowlight yang akan membantu menyembunyikan kelebihan dan kekurangan pada bentuk wajah.

Tren warna rambut

Sedangkan, untuk tren warna rambut, menurut Rudy, tahun 2017 ini trennya lebih kewarna yang agak cerah. Kombinasi dengan warna ungu dengan dasar cokelat misalnya atau dengan pink, oranye, biru, atau platinum. "Namun, kami tidak kerjakan seluruh kepala dengan warna platinum (putih) seperti yang  sedang tren saat ini. Nanti terlihat seperti tua kayak ubanan. Platinum hanya digunakan sebagai highlight, tidak rata di seluruh kepala, hanya bagian tertentu," ujarnya.

Untuk warna rambut, bagi yang berkulit gelap bisa menggunakan highlight berwarna ungu atau platinum. Bagi yang berkulit putih, bisa gunakan highlight berwarna oranye, merah, atau warna apa pun juga masuk.

"Untuk kulit orang Indonesia yang cenderung sawo matang, bisa gunakan highlight platinum, biru dengan dasarnya tetap cokelat. Entah cokelat menengah atau gelap, tergantung warna kulit, jangan cokelat terang," ujarnya.

Senada, Lie Kuang mengatakan, secara umum gaya rambut 2017 di dominasi warna-warna yang terang , tentu saja masih disesuaikan dengan warna kulit wanita Indonesia. "Tren warna terang, seperti ash, silver, pastel pink, beige, violet, rosegold. Gradasi gelap ke terang akan dengan kombinasi warna tersebut," ujarnya.

Namun, penting diingat, tidak semua orang cocok dengan warna-warna tersebut. Kita harus memerhatikan warna kulitnya. Untuk warna kulit gelap kita bisa mengaplikasikan warna pastel di ujung ujung rambut, sedangkan bagian atasnya warna gelap yang sesuai. "Secara keseluruhan gaya rambut datang dari Eropa, Amerika, Jepang, dan Korea," kata dia.

Rambut sportif

Untuk tren gaya rambut musim fall/winter tahun 2016 dan spring/summer 2017, Makarizo sebagai perusahaan beauty care menghadirkan tren gaya rambut terbaru. Kali ini Makarizo terinspirasi dari olahraga.

Tahun lalu Makarizo berhasil menciptakan tren di mana perpaduan berbagai budaya dari berbagai era dapat terjadi. Sedangkan, tahun ini mereka terinspirasi oleh olahraga yang menciptakan fashion rambut yang dapat dipakai sehari-hari. Tema tren gaya rambut tahun ini sportiva.

Tahun ini, kesehatan menjadi kata kunci, baik untuk tampilan secara fisik maupun kecantikan pribadi setiap orang. Mereka menggabungkan komitmen akan pentingnya tiap-tiap individu menemukan kecantikan pribadinya dengan nyaman dan pentingnya berolahraga, untuk menciptakan tren tahun ini.

Tren rambut dari Makarizo menampilkan keindahan berbagai cabang olahraga dan menerjemahkannya ke dalam bentuk tatanan rambut yang memukau. Makarizo Hair Trend 2016/2017, Sportiva adalah sebuah perpaduan tangan antara Tim Artistik Makarizo dan International Trainer Makarizo, Yovan Liew.     Oleh Desy Susilawati, ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement