Kamis 15 Dec 2016 18:00 WIB

Solusi Komunikasi UMKM

Red:

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia terus tumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Menyasar pasar UMKM, Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) memperkenalkan solusi bisnis komunikasi bernama Oxo Connect.

Country Manager Alcatel-Lucent Enterprise Indonesia Adios Purnama mengatakan, Oxo Connect merupakan perangkat penyedia perangkat komunikasi nirkabel yang mudah dioperasikan. Ini, katanya, sejalan dengan minimnya tenaga teknologi informasi (TI) di sektor usaha UMKM.

Perangkat yang beroperasi di server komunikasi Oxo Connect R2 ini menawarkan berbagai fitur telekomunikasi, mulai dari sistem telepon internal dan eksternal, video call, video conference, hingga chatting.

Alat komunikasi ini bekerja dalam sistem hibrida yang memanfaatkan layanan awan (cloud), konvergensi suara, data, dan Wi-Fi yang menyeluruh dalam jaringan. Adios mengatakan, perangkat itu akan membangun lingkungan kerja yang lebih modern. "Ini merupakan teknologi enterprise yang kita bawa ke kelas menengah," ujarnya, di Jakarta, Rabu (14/12).

Menurut dia, perangkat komunikasi itu bisa diakses kapan pun melalui smartphone atau komputer melalui aplikasi khusus. Dengan begitu, karyawan tidak perlu terpaku di meja kerja untuk mengakses sistem komunikasi internal perusahaan. "Kami ingin meminimalisasi kabel agar lebih fleksibel," katanya.

Perangkat Oxo Connect dibanderol harga sekitar Rp 35 juta. Perangkat standar ini Adios tujukan untuk UMKM yang memiliki pegawai sekitar 15-20 orang. Namun, perangkat ini sebenarnya mampu melayani hingga 300 klien. "Perangkat ini juga cocok untuk solusi sistem komunikasi di perhotelan bintang dua atau tiga," katanya.

Oxo Connect memiliki sistem keamanan digital enterprise grade berlapis, mulai dari sistem cloud hingga di setiap access point. Sistem keamanan ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.    rep: Rizkyan Adiyudha, ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement