Senin 21 Nov 2016 14:00 WIB

Menghargai Perjuangan Perbankan dan Asuransi Syariah

Red:

Melihat sulitnya perbankan dan asuransi syariah memperjuangkan ekonomi syariah di Indonesia, Karim Consulting Indonesia memberikan penghargaan atas usaha yang telah dilakukan para pelaku industri keuangan syariah. Bentuk penghargaan yang diinisiasi bersama Trasset International tersebut bernama National Championship League (NCL).

Penghargaan diberikan kepada lembaga keuangan syariah yang telah tiga kali menerima penghargaan Islamic Finance Award Karim Consulting Indonesia untuk kategori Best of the Best Rank 1st–3rd dari 2007 sampai tahun berjalan.

Adiwarman mengatakan, penghargaan ini adalah apresiasi atas kerja keras yang telah industri lakukan. "Mereka yang berantem di lapangan. Mereka yang membuat angka. Oleh karena itu, ini apresiasi buat mereka yang sudah memperjuangkan luar biasa ekonomi syariah," ujarnya.

Keberadaan NCL dinilai penting untuk keberlangsungan industri keuangan syariah di Indonesia. Di ajang ini, industri dapat saling berbagi mengenai kendala yang dihadapi. "Kita saling cerita bahwa kita juga punya kesulitan yg sama. Jadi, kebersamaan terjalin dengan baik," ujarnya.

Anggota NCL tersebut akan menjadi Indonesia Ambassador dan pelopor industri keuangan di berbagai negara tempat penyelenggaraan berikutnya yang merupakan negara-negara kantor Trasset International berada. Untuk tahun ini, NCL diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan, pada Senin (7/11). Penghargaan diberikan dengan mengenakan hanbok, baju tradisional Korea. "Kita ingin memperkenalkan Indonesia ke luar negeri," ujarnya.

Terdapat beberapa kategori dalam penghargaan tersebut. Kategori Prospective Member of League, yakni lembaga keuangan syariah yang telah menerima Islamic Finance Award Karim Consulting Indonesia untuk semua kategori lebih dari atau sama dengan satu selama periode tahun 2007 sampai dengan tahun berjalan. Penghargaan tersebut diberikan kepada BTPN Syariah dan CIMB Niaga Syariah.

Adapun kategori Chair of League, yakni lembaga keuangan syariah yang telah menerima Islamic Finance Award Karim Consulting Indonesia untuk kategori Best of the Best Rank 1st-3rd dari lima hingga sembilan kali selama periode tahun 2007 sampai dengan tahun berjalan, secara simbolis diberikan kepada BTN Syariah, Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein), dan Reasuransi Internasional Indonesia (ReINDO).

Associate Director Marein, Sutadi, sangat mengapresiasi penghargaan tersebut. Menurut dia, industri keuangan syariah masih memiliki peluang yang baik pada masa mendatang, mengingat penetrasi pasar yang masih rendah saat ini. "Rendahnya kondisi tersebut tidak lepas dari sejumlah tantangan, misalnya keterbatasan modal, kapasitas SDM, inovasi produk, dan pemahaman publik terkait dengan konsep asuransi syariah," ujarnya.

Acara NCL juga dihadiri oleh Komisaris PT Asuransi Mandiri AXA General Insurance Fransiskus Asisi Wiyono, Direktur Utama Bank Mega Syariah Beny Witjaksono, Kepala Divisi Syariah BTN Marisa Gemiralda, Syariah Branches Head Bank CIMB Niaga Ani Noor Isfiani, Head of Syariah Sales and Distribution CIMB Niaga Syariah Diah Rachma Paramaiswari, Direktur PT Reasuransi Indonesia Utama Eko Supriyanto Hadi, Komisaris Bank Victoria Syariah Sari Idayanthi, President Director PT Trasset Indonesia Debbie Sianturi, Associate Director Marein Sutadi, Ade Fauzan dari BTPN Syariah, dan Direktur ReINDO Syariah Nod Abdul Rachman.    Oleh Satya Festiani, ed: Satria Kartika Yudha 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ
dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement