Jumat 13 Jun 2014 14:00 WIB

Duel 11 Angka Cile Vs Australia

Red:

1. Laga pertama atau ke-1 selalu menghadirkan tekanan pada setiap tim peserta Piala Dunia. Tak terkecuali bagi Cile dan Australia yang akan bertemu pada laga pertama mereka di Grup B Piala Dunia 2014, Sabtu (14/6) pagi.

Bagi the Socceroos, julukan Australia, laga pembuka selalu jadi menyulitkan. Di Piala Dunia 1974, Australia harus merasakan kekalahan 0-2 dari Jerman Timur pada laga pertama.

Peruntungan Australia berubah pada 2006. Laga pertama mereka lewatkan dengan kemenangan 3-1 atas Jepang. Kemenangan yang jadi sangat vital bagi kesuksesan mereka lolos pertama kalinya ke perdelapan final Piala Dunia yang berlangsung di Jerman itu.

Sedangkan, di Piala Dunia 2010, laga pertama menjadi neraka bagi Ausralia. Sebab, mereka harus merasakan kekalahan telak, 0-4, dari Jerman. Atas segala catatan itu, pelatih Australia, Ange Postecoglou, angkat komentar. "Mungkin banyak yang pesimistis dalam menatap laga (pertama) ini. Tapi, harus saya katakan bahwa tim ini punya potensi yang besar," kata Ange Postecoglou, seperti dikutip Herald Sun, pekan ini. 

Sebaliknya, bagi Cile, laga pertama kerap membawa peruntungan. Di keikutsertaan mereka pertama di Piala Dunia pada 1930, Cile mampu memetik kemenangan meyakinkan, 3-0, melawan Meksiko. Pun halnya pada laga pertama Cile pada Piala Dunia 1962, La Roja mampu menang atas Swiss dengan skor 3-1. Sedangkan, di Piala Dunia 2010, Cile mengawali laga pertama dengan kemenangan 1-0 atas Honduras.

Catatan baik itu tentu menambah asa bagi Alexis Sanchez cs untuk kembali mencatatkan tiga angka pada laga pertamanya di Piala Dunia 2014. Kendati diuntungkan oleh rekor bagus pada laga pertama, Cile tak boleh jemawa. Sebab, mereka punya riwayat yang kurang baik dengan Australia di Piala Dunia.

2. Laga yang akan berlangsung pada di Kota Cuiaba itu akan menjadi pertemuan ke-2 Cile dan Australia di Piala Dunia. Sebelumnya, kedua tim bertemu pada putaran grup Piala Dunia 1974 Jerman Barat. Kala itu, Australia yang berstatus debutan mampu menahan Cile, 0-0.

Namun, Australia juga harus waspada sebab pertemuan kali ini akan berlangsung di Amerika Latin. Cile tentunya akan diuntungkan oleh kondisi cuaca dan iklim yang bersahabat.

3. Australia tergolong ‘bau kencur’ dalam turnamen Piala Dunia. Mereka belum pernah sekalipun punya pengalaman bermain di Piala Dunia yang dihelat di Benua Amerika. Sebab, Australia baru 3 kali lolos ke Piala Dunia, yakni di Jerman Barat 1974, Jerman 2006, dan Afrika Selatan 2010.

Terlepas dari hitung-hitungan sejarah, kedua tim siap bertempur habis-habisan. Sebab, baik Cile maupun Australia, dikenal memiliki gelandang dengan tipikal bermain keras.

4. Di Cile, ada sosok gelandang Gary Medel yang memperkuat klub Cardiff City. Sedangkan, Australia punya gelandang kawakan Mark Bresciano. Ancaman permainan keras pun patut membuat 4 pengadil pertandingan, yakni Noumandiez Desire, Songuifolo Yeo, Jean-Claude Birumushahu, dan Roberto Moreno Salazar, bertugas ekstra.

5. Menjelang laga, Cile diuntungkan karena memiliki bekal relatif baik semasa persiapan menuju Piala Dunia. Dari 5 laga persiapan menuju Piala Dunia, Cile memetik kemenangan tiga kali dan dua kali kalah. Sebaliknya, Australia memetik hasil minor pada laga uji coba. Mereka memetik tiga kekalahan dan hanya dua kali menang dalam lima laga terakhir.   

Pelatih Cile, Jorge Sampaoli, mengakui bahwa kondisi anak asuhnya sudah sangat siap tempur. "Kami sudah berlatih cukup lama. Pada laga uji coba, kami telah membuktikan punya daya gedor yang baik walau masih ada sejumlah hal yang harus diperbaiki," kata Sampaoli, seperti dikutip the Independent.

6. Australia mencoba realistis terkait peluang timnya menghadapi Cile. Gelandang Asutralia Tim Cahill menilai, timnya masih sangat butuh jam terbang. Pernyataan Cahill cukup beralasan mengingat 6 pemain Australia masih berusia di bawah 22 tahun.

7. Berbeda dengan Australia, Cile akan menurunkan mayoritas pemain yang jadi andalan di Piala Dunia 2010. Sedikitnya, ada 7 pemain jebolan Piala Dunia 2010 yang siap tampil pada laga kontra Australia. Mereka adalah Claudio Bravo, Mauricio Isla, Gary Medel, Alexis Sanchez, Gonzalo Jara, Jean Beausejour, dan Jorge Valdivia.

8. Namun, sayangnya, Cile kemungkinan akan bermain tanpa diperkuat Arturo Vidal. Gelandang tim Juventus ini masih dalam fase pemulihan cedera. Kemungkinan absennya pemain bernomor punggung 8 ini memukul skuat Cile. "Vidal adalah salah satu pemain terbaik dunia dan kita semua tahu kekuatan dia akan berpengaruh untuk tim," ungkap gelandang Cile, Marcelo Diaz, dikutip dari laman Four Four Two.

9. Tanpa Vidal, peluang kekuatan Cile memang jauh berkurang. Sebab, negara yang sudah 9 kali berpartisipasi di Piala Dunia itu mengandalkan tenaga Vidal dalam menyerang dan bertahan.

Tercatat, Vidal rata-rata mampu melakukan tiga tekel yang sukses memupus serangan lawan di tiap laganya bersama Cile. Tidak hanya dalam bertahan, pemain berambut mowahk itu juga sangat produktif dalam mencetak gol.

10. Kolaborasinya bersama Eduardo Vargas di lini depan Cile mampu menghasilkan 10 gol pada babak kualifikasi. Keduanya pun jadi top skor bagi Cile pada kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Conmebol.

Terlepas dari cedera yang menimpa Vidal, pemain Cile mengaku sudah siap meladeni Australia. Pun halnya the Socceroos yang jadi wakil Asia di Piala Dunia. Australia bertekad mencetak kejutan pada laga pembuka. Bila itu tercapai, Australia siap merajut mimpi lebih besar dengan berharap lolos dari grup neraka.

Tekad Cile versus mimpi Australia ini bakal menemukan jawabannya saat pemain dari kedua kubu turun laga di Stadion Arena Pantanal di Cuaiba.

11. Berikut 11 prediksi pemain utama kedua tim.

Cile (3-4-3): Bravo; Medel, Jara, Albornoz; Isla, Diaz, Gutierrez, Beausejour; Aranguiz, Sanchez, Vargas.

Australia (4-3-3): Ryan; Franjic, Spiranovic, Wilkinson, Davidson; Milligan, Jedinak, Bresciano; Leckie, Cahill, Oar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement