Ahad 06 Jul 2014 12:00 WIB

‘Tolak Segala Intimidasi’

Red: operator

JAKARTA -- Tak kurang dari 100 ribu orang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, mengelu-elukan Jokowi dan Jusuf Kalla pada hari terakhir kampanye, Sabtu (5/7). Di hadapan mereka, Jokowi membacakan Maklumat Jokowi-JK yang antara lain berisi pernyataan akan mengabdi kepada rakyat jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden RI.

"Kita menolak segala bentuk intimidasi, kebohongan, dan kecurangan yang mencuri hak rakyat untuk menentukan masa depan Indonesia," kata capres yang diusung poros koalisi PDIP terse- but. Ia mengingatkan pendukungnya agar tidak termakan fitnah dan kebo- hongan. "Kita semua telah dihantam fitnah dan kebohongan, tapi kita tak pernah tumbang karena kita bekerja tulus untuk republik tercinta."

Pada hari terakhir masa kampanye itu, massa pendukung datang dari berbagai kalangan menghadiri kampanye bertajuk Konser Salam 2 Jari itu. Jokowi, yang mengenakan kemeja kotak-kotak, baru tiba di GBK pada pukul 16.30 WIB. Padahal, konser sudah dimulai sejak pukul 14.00 WIB. Ia datang ke konser ditemani Ketua Tim Debat PDIP Maruarar Sirait, Juru Bicara Anies Baswedan, Alwi Shihab, Ruhut Sitompul, dan Luhut Pandjaitan.

Begitu naik panggung, Jokowi langsung disambut tepuk tangan meriah ribuan massa pendukung. Slank, penggagas konser, yang sudah berada di atas panggung, langsung menyanyikan lagu "Salam Dua Jari". Puluhan artis pendukung lain, seperti Yuni Shara, Gita Gutawa, Tompi, Glenn Fredly, Widi Vierratale, EdoKon dologit, dan Ian Antono, juga ikut menyanyikan lagu itu. Ribuan massa pendukung pun larut.