Selasa 24 Jun 2014 15:00 WIB

Iman Sugema, Ekonom Megawati Institute: Saham Indosat Bisa Dibeli Kembali dengan Murah

Red:

Bagaimana soal keinginan buyback saham Indosat yang dilontarkan Jokowi?

Sebenarnya, saham Indosat tidak dibeli kembali pun tidak apa-apa. Alasannya, pemerintah memiliki kendali di Indosat dengan adanya saham merah putih. Saham merah putih adalah saham milik pemerintah dengan kewenangan yang bisa melakukan veto walaupun tidak memiliki saham mayoritas. Jadi, tetap saja Pemerintah Indonesia memiliki kendali.

Bagaimana dengan langkah ke depan Jokowi terkait Indosat?

Bisa dibeli atau tidak tergantung kemampuan modal. Ingin membeli, namun tidak memiliki dana juga percuma. Alhasil, harus ada langkah kontingensi. Artinya, memiliki rencana cadangan apabila rencana utama tidak bisa direalisasikan. Jadi, dengan adanya rencana cadangan, tidak memaksakan untuk merealisasikan suatu hal yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan.

Bagaimana strategi pembelian saham tersebut?

Sebenarnya, saham Indosat bisa dibeli kembali dengan harga semurah-murahnya. Itu semua tergantung policy dan regulasi. Pemerintah sekarang tidak bisa membeli mungkin karena tidak memiliki ilmu untuk membuat harga saham Indosat menjadi murah. Seharusnya, pemerintah yang sekarang bisa membeli kembali Indosat.

Langkah konkretnya bagaimana untuk membuat harga saham Indosat menjadi murah?

Kalau ingin membuat harga saham murah, tentu tidak bisa berkoar-koar di sini (media). Pelaksanaannya bisa dilihat saat Jokowi dan JK terpilih sebagai presiden dan wakil presiden nanti.

Apakah pertanyaan tentang Indosat sudah disiapkan jawabannya?

Saya tidak tahu. Saya tidak ikut mempersiapkan untuk debat capres kemarin.rep:aldian wahyu ramadhan ed: eh ismail

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement