Bagaimana penanganan di Bandara Soekarno-Hatta kemarin?
Saya rasa penanganan kebakaran di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta sudah sesuai standard operating procedure (SOP). Pertama, kita atasi insiden kebakaran tersebut. Seperti yang terjadi pagi ini. Semua di luar dugaan kita. Kedua, kita fokuskan pada kenyamanan penumpang. Lalu kita mencari alternatif untuk mengatasi jadwal penerbangan yang terkena delay akibat terkena dampak kebakaran.
Apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran di bandara internasional seperti ini?
Kita belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Hingga saat ini, tim dari Pulabfor Polri masih melakukan penyelidikan. Kita akan berikan informasinya nanti secara sistematis.
Ini merupakan kebakaran kedua, sebelumnya sempat terjadi kebakaran pada tahun 2012 lalu, apakah tidak ada perbaikan dari pengalaman sebelumnya?
Ini semua di luar dugaan kita. Kita sudah lakukan semua sesuai prosedur. Mulai dari pengamanan, kenyamanan hingga infrastuktur dan penunjang Bandara Soekarno-Hatta. Kami berharap ini merupakan kejadian yang terakhir. Ini momentum bagi kami untuk lebih memperhatikan kembali semuanya.
Semua splinker berfungsi dengan baik sesuai teknis bila ada api di dalam terminal. Beruntung satu jam api sudah bisa kami padamkan sehingga tidak berdampak besar terhadap penumpang maupun penerbangan.
Bagaimana dengan keterlambatan penerbangan para penumpang?
Fokus kita menangani penumpang dengan baik, delay sudah pasti tapi kita sudah lakukan upaya dengan alternatif. Kita bersama Garuda telah menggabungkan empat penerbangan menjadi satu dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 747-400 berbadan lebar.
Apa yang akan dilakukan PT Angkasa Pura setelah insiden kebakaran ini?
Kami akan lakukan perbaikan dan pemulihan seluruh aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Kami juga akan menunggu hasil dari Puslabfor Polri untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.
Hasil itu akan kami jadikan evaluasi untuk melakukan perbaikan. Kami juga meminta maaf kepada para penumpang dan berjanji untuk segera memulihkan semua jadwal penerbangan.
Penumpang pesawat dapat melakukan pengembalian atau refund PSC (passenger service charge) melalui maskapai, karena PSC adalah salah satu komponen dari tarif tiket pesawat. c20 ed: Fitriyan Zamzami