Sabtu 28 May 2011 23:55 WIB

Kelompok 78 Harus Siap Hadapi Risiko

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA--Jika Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sampai menjatuhkan sanksi terhadap PSSI, maka kelompok 78 yang "ngotot" mendukung Arifin Panigoro dan Jenderal TNI George Toisuta, harus siap menghadapi risiko dari publik Tanah Air.

Sejumlah pihak yang dimintai komentar di Papua, Sabtu, seperti mantan striker nasional Perseman Manokwari di era 1980-an, Adolf Kabo, mantan pelatih Persipura Vestus Yom dan Abdon Rumabar, mantan Kapten Kesebelasan Persiss Sorong, Permenas Aupe dan mantan pemain PS Cenderawasih Iwan Tokoro meminta kelompok 78 jangan lari dari tanggung jawab.

Mereka menyebut, tindakan kelompok 78 dalam Kongres PSSI belum lama ini sebagai sikap tidak etis dan mematikan nasib persepak bolaan nasional. Apalagi Kongres itu dihadiri tusan FIFA Thiery Renegas dan dua utusan Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

Para pencinta sepak bola di Papua, kata mereka, tidak pernah mendengar George Toisuta mempunyai andil dalam persepak bolaan nasional, sementara Panigoro, dinilai melakukan kesalahan dengan menggelar turnamen yang tidak diakui FIFA.

Arifin Panigoro dan George Toisuta selama ini tidak pernah membuat sesuatu untuk sepak bola nasional, kecuali menyelenggarakan Liga Primer Indonesia yang tidak diakui FIFA dan George Toisuta tidak pernah terlibat di sebuah klub profesional atau pengurus inti PSSI, kata Adolf Kabo dan dibenarkan Vestus Yom.

Ketika mengomentari keterlibatan utusan Pengprov PSSI Papua Usman Fakaubun dalam kelompok 78, mereka menyebutnya sebagai tindakan yang bisa membunuh dunia sepak bola yang begitu bergairah di Papua. "Kita akan cari Usman Fakaubun sampai kapan pun agar mempertanggung jawabkan keterlibatannya di kelompok 78 bila FIFA menjatuhkan sanksi bagi PSSI dan klub-klub dari Papua tidak bisa bertanding di tingkat internasional seperti dijalani Persipura Jayapura saat ini," tegas Iwan Tokoro dan Abdon Rumabar.

Apalabi, kata mereka, saat ini Persipura Jayapura sudah menembus babak delapan besar Piala AFC. Papua, kata mereka, adalah daerah yang selalu mencetak pemain nasional berkualitas yang turut membela Merah-Putih di berbagai laga internasional.

Mereka mendesak Ketua Umum Pengprov PSSI Papua Barnabas Suebu yang juga menjabat Gubernur Papua untuk mengambil tindakan tegas dengan memberhentikan Usman Fakaubun dari pengurus PSSI daerah itu. Tanah Papua memiliki dua tim di Indonesia Super Liguage (ISL) yaitu Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena. Di Devisu Utama PSSI ada tiga tim yakni Persidafon Dafonsoro, Kabupaten Jayapura, Persiram Raja Ampat dan Perseman Manokwari.

Sementara di divisi I PSSI terdapat kesebelasan Perseru Serui, Persegubin Pegunungan Bintang, Persias Asmat dan Persiss Sorong. Devisi II PSSI, ada kesebelasan PSBS Biak, Persinab Nabire, Persitoli Tolikara dan Persiwar Waropen.

Selain itu pembinaan kelompok usia 8-12 tahun, 12-15 tahun' 15-18 tahun dan 18-21 tahun yang siap menjadi generasi berikut yang meramaikan sepak bola Tanah Air. Mereka berharap Ketua Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar yang terbang ke Zurich, Swiss pada Jumat (27/8) bisa merasionalkan persoalan yang dihadapi, sehingga FIFA tidak menjatuhkan sanksi untuk PSSI.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا مَسَّ الْاِنْسَانَ ضُرٌّ دَعَا رَبَّهٗ مُنِيْبًا اِلَيْهِ ثُمَّ اِذَا خَوَّلَهٗ نِعْمَةً مِّنْهُ نَسِيَ مَا كَانَ يَدْعُوْٓا اِلَيْهِ مِنْ قَبْلُ وَجَعَلَ لِلّٰهِ اَنْدَادًا لِّيُضِلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ ۗ قُلْ تَمَتَّعْ بِكُفْرِكَ قَلِيْلًا ۖاِنَّكَ مِنْ اَصْحٰبِ النَّارِ
Dan apabila manusia ditimpa bencana, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali (taat) kepada-Nya; tetapi apabila Dia memberikan nikmat kepadanya dia lupa (akan bencana) yang pernah dia berdoa kepada Allah sebelum itu, dan diadakannya sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah, “Bersenang-senanglah kamu dengan kekafiranmu itu untuk sementara waktu. Sungguh, kamu termasuk penghuni neraka.”

(QS. Az-Zumar ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement