Selasa 06 Sep 2011 13:50 WIB

Gempa Singkil Telan Dua Korban Jiwa

Rep: Prima Restri/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --- Gempa bumi yang mengguncang timur laut Singkilbaru Aceh menelan korban jiwa.Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dua orang meninggal dan satu orang mengalami luka ringan.

Kepala Pusat Data,Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bencana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Singkil dan Kota Subulussalam juga menyebabkan rusak berat pada satu tempat ibadah,dua rumah masyarakat dan satu gedung akademi kebidanan.

Sementara 15 rumah rusak ringan dan 160 toko kebakaran karena arus pendek. Dijelaskan pusat gempa berada di daratan Sesar Semangko yang merupakan daerah rawan gempa. Dengan lokasi 2.81 Lintang Utara - 97.85 Bujur Timur dengan kedalaman 78 kilometer.

''Gempa ini tidak berpotensi tsunami,'' kata Sutopo di Jakarta, Selasa (6/8). Getaran horisontal keras dikatakan terjadi selama lima detik dan terasa hingga Medan Sumatera Utara.Selain itu gempa juga memberi dampak di Binjai,Kabanjahe dan Stabat.''Hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih terus berkordinasi dan melakukan pendataan,'' tutur Sutopo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement