Senin 26 Sep 2011 13:15 WIB

Panglima TNI Yakini Teror Bom Belum Ancam Kedaulatan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI, Agus Suhartono, mengatakan sejumlah teror bom yang melanda tanah air belakangan ini, masih berdimensi gangguan keamanan sehingga belum mengarah pada ancaman terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Gak lah...belum sampai ke sana. Masih pada aspek keamanan," katanya, usai melakukan penanaman pohon serangkaian HUT ke-66 TNI bersama Kepala Polri Jenderal Pol Timur Pradopo di Pusat Pasukan Perdamaian TNI di Sentul, Bogor, Senin (26/9).

Karena itu, lanjut Panglima TNI, penanganan terorisme masih di bawah kendali Kepolisian Republik Indonesia. "Pelibatan TNI dalam penanganan terorisme sangat dimungkinkan, sesuai aturan perundangan No34/2004 Tentang TNI. Dalam UU itu, TNI memiliki kewenangan untuk pemberantasan terorisme," ujar Agus.

"TNI dan Polri sinergitasnya sudah cukup bagus, kita saling bertukar informasi. Nah kalau masyarakat juga ikut serta maka akan lebih bagus. Karena peran serta masyarakat juga sangat penting, mengingat keterbatasan jumlah aparat," kata Panglima TNI.