Selasa 18 Oct 2011 17:01 WIB

Liga Utama Inggris Terancam tanpa Sistem Relegasi dan Promosi

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, Kepala Eksekutif Asosiasi Menejer Klub Sepakbola Inggris, Richard Bevan mengemukakan pada konferensi Federasi Pemain Profesional di London, di kalangan pemilik asing dari klub Premier League di Inggris ada suara-suara untuk menghapuskan sistem relegasi dan promosi.

Dewasa ini pada Premier League (liga utama) terdapat 20 klub dan separuh dari jumlah ini dimiliki pihak asing. Karenanya, kata Bevan, kalau ada empat atau lima lagi pemilik asing bukan tidak mungkin sistem relegasi dan promosi itu akan lenyap.

Untuk melakukan sesuatu perubahan pada anggaran dasar Liga Utama diperlukan persetujuan dari 14 dari 20 klub anggota. Klub Arsenal, Aston Villa, Liverpool, Manchester United dan Sunderland dimiliki oleh grup pemilik asal Amerika, sedang Blackburn milik grup India, dan Queens Park Rangers milik grup Malaysia.

Bersasarkan peraturan yang berlaku sekarang, 3 klub yang menduduki tiga posisi terbawah dari hasil kompetisi diturunkan dari Liga Utama ke divisi-2, sebaliknya 3 klub teratas dari kompetisi divisi-2 dinaikkan ke Liga Premier.