Jumat 16 Mar 2012 05:39 WIB

Dilibas Athletic Bilbao 2-1, MU Terdepak dari Liga Europa

Red: Endah Hapsari
Aksi pemain Athletic Bilbao/ilustrasi.
Foto: AP/Jon Super
Aksi pemain Athletic Bilbao/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Sepasang performa dominan dari Athletic Bilbao memastikan Manchester United terdepak dari kancah Liga Europa musim ini.

 

Usai membungkam The Red Devils 3-2 pada leg perdana perdelapan-final pekan lalu, Los Leones kembali menang dengan skor 2-1 saat ganti bertindak sebagai tuan rumah di San Mames, Jumat (16/3) dini hari WIB.

Alhasil, laskar besutan Marcelo Bielsa pun sukses melenggang ke delapan besar dengan kemenangan agregat 5-3. Sementara buat United, hasil negatif ini memaksa mereka menyudahi partisipasi di Benua Biru musim ini setelah sebelumnya juga tersungkur di fase grup Liga Champions

Dalam pertandingan di San Mames, Bilbao membuka skor di babak pertama lewat Fernando Llorente sebelum Oscar De Marcos menambah angka usai turun minum. Wayne Rooney memperkecil skor akhir menjadi 2-1 via gol indah dari luar kotak penalti.

Berusaha mengincar gol cepat demi memudahkan misi membalikkan agregat, kubu tamu mencoba menekan pada awal laga dan langsung dua kali mengancam gawang Gorka Iraizoz.

Sayang, seluruh peluang itu gagal berbuah gol. Pertama tendangan chip Rooney setelah menerima umpan Park Ji-Sung melenceng dari target, sementara tembakan Ashley Young menyusul sodoran terobosan Tom Cleverley bisa diblok pertahanan Bilbao.

Setelah itu ganti tuan rumah melancarkan serangan. Pertukaran umpan dengan Llorente diakhiri Iker Muniain dengan sepakan rendah yang membentur tiang.

Bola rebound lantas menuju Oscar De Marcos, namun tendangan gelandang 22 tahun itu justru melambung tinggi meski David De Gea sudah salah posisi.

Kebuntuan skor akhirnya dipecahkan Bilbao pada menit ke-23. Operan lambung Fernando Amorebieta dituntaskan lewat tembakan voli fantastis oleh Llorente untuk mengoyak jala United.

Hanya lima menit berselang, Red Devils memiliki peluang menyamakan kedudukan, tapi sundulan terarah Ryan Giggs menyambut crossing Young bisa ditangkal pemain bertahan Betis.

Memasuki babak kedua, United yang membutuhkan tiga gol untuk lolos ke perempat-final malah dikepung habis oleh Los Leones.

Bilbao nyaris saja menambah angka ketika sebuah kemelut di wilayah pertahanan United berakhir di kaki Andoni Iraola. Aksi individu sang full-back kemudian sukses mengelabui Michael Carrick serta Rio Ferninand, namun penyelesaiannya masih tipis di samping gawang De Gea.

Los Leones akhirnya benar-benar menambah angka pada menit ke-65. Umpan silang kiriman Gaizka Toquero bisa diblok oleh Chris Smalling, namun bola muntah langsung dihajar De Marcos dari jarak dekat. Kendati sempat terdefleksi, si kulit bundar tetap bersarang di dalam gawang United.

Ogah mengendurkan tekanan, tuan rumah kemudian mengkreasikan serangkaian kesempatan lagi untuk memperlebar selisih, tetapi tak satu pun yang berbuah gol ketiga.

Justru skor berhasil diperkecil United lewat aksi Rooney yang melesatkan tendangan jarak jauh menuju pojok atas gawang kawalan Iraizoz pada menit ke-80. Kedua tim saling serang di sepuluh menit terakhir laga, namun skor 2-1 tak berubah sampai peluit panjang berbunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement