Senin 26 Mar 2012 05:37 WIB

Gara-gara Tomcat, Acara Nonton Bareng Langsung Bubar

Rep: angga indrawan/ Red: Endah Hapsari
Tomcat
Tomcat

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG--- Hajat rutin nonton bareng Persib Bandung melawan Persiba Balikpapan warga Kampung Cirangan RT 1/5 Desa Jatisari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung, bubar seketika. Gara-garanya, ternyata tidak sepele: tomcat.

"Baru saja pertandingan setengah main. Diatas lampu neon tiba-tiba kelihatan ada kerumunan serangga. Ketika kami perhatikan dan menangkap beberapa di antaranya, ternyata benar serangga ini persis seperti yang diberitakan di media massa," ujar  Hendar (44 tahun), pemilik rumah, Ahad (25/3).

Akibatnya, tidak menunggu lama, sekitar lima orang yang tengah asyik nonton siaran sepak bola ini bubar ketakutan dan pulang ke rumahnya masing-masing.“Warna oranye polet hitam dengan kepala berkumis sepeti ikan lele, berekor runcing, memiliki empat pasang kaki dan bersayap, geraknya lincah,'' ujar Hendar merinci binatang itu. 

Untuk meyakinkan, tambah Hendar, beberapa ekor ia tangkap dan dimasukkan kedalam plastik bening. Setelah dipastikan kembali bahwa binatang itu sama persis seperti deskripsi tomcat, ''Saya matikan semua lampu rumah," ujar Hendar.

Hendar menduga, binatang kecil ini datang dari arah pesawahan yang memang lokasinya berdekatan dengan rumahnya. Mungkin, kata Hendar karena padinya dipanen, sehingga binatang sejenis serangga yang hidup di batang-batang pohon padi ini berterbangan dan hinggap di rumahnya.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengaku pihaknya segera turun ke lapangan untuk membuktikan hasil penemuan warga tersebut. “Mulai Senin,  kita akan ke lapangan untuk memastikan keberadaan tomcat di areal pesawahan,” ucapnya singkat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement