Jumat 30 Mar 2012 05:29 WIB

Menkopolhukam: Tak Ada Penembakan Mahasiswa di Salemba

Menko Polhukam Djoko Suyanto
Menko Polhukam Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto menegaskan bahwa berita tentang penembakan mahasiswa di kampus Universitas YAI, Salemba, merupakan kabar yang tidak benar.

"Kami menyesalkan kabar di media dan jejaring sosial yang menyebutkan aparat keamanan menembak mahasiswa, bahkan hingga jatuh korban jiwa," kata Djoko dalam jumpa pers mendadak yang digelar di Jakarta, Jumat dini hari, yang juga disiarkan melalui televisi nasional.

Menurut Djoko, dalam bertugas menjaga aksi unjuk rasa pihak kepolisian hanya dibekali peralatan, seperti gas air mata, water cannon, dan peluru karet, sehingga tidak mungkin jatuh korban jiwa jika terjadi gesekan antara massa dan aparat keamanan. "Peluru karet sendiri baru digunakan ketika keadaan sangat terpaksa," kata Djoko.

Sebelumnya beredar kabar bahwa aparat keamanan melepaskan tembakan yang menewaskan seorang mahasiswa dalam bentrokan antara aparat kepolisian dan mahasiswa di Kampus Universitas YAI, Salemba, Jakarta, Kamis (29/3) malam.

"Kabar tersebut tidak benar, provokatif, dan menyesatkan, sehingga Presiden memandang hal ini perlu diklarifikasi," kata Djoko.

Djoko juga menekankan pentingnya ketertiban dan kesantunan dalam melakukan demonstrasi sehingga hal-hal provokatif semacam itu dapat dihindari.

Otoritas kampus YAI sendiri telah membantah adanya mahasiswa mereka yang menjadi korban tembakan aparat keamanan. "Tidak ada yang tertembak (peluru tajam) atau meninggal dunia. Kalau pun ada terkena gas air mata," kata pihak rektorat YAI, Nyoman Surman, Kamis malam.

Sementara itu, dipastikan bahwa seorang satpam dan lima mahasiswa mengalami luka dalam insiden tersebut, sedangkan Kapolsek Senen Kompol Imam Zebua justru menjadi pengeroyokan massa yang menyebabkan dirinya harus dirawat di RSCM.

Imam yang sempat pingsan selama tiga jam mengatakan bahwa pihak demonstranlah yang memulai bentrokan dengan mendorong ban yang sudah terbakar ke arah barikade polisi.

Polisi mengamankan 52 orang terkait dengan bentrokan itu. Mereka akan diperiksa terkait dengan aksi unjuk rasa berbau anarkis yang mengorbankan masing-masing satu unit mobil dan motor milik kepolisian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement