Rabu 11 Apr 2012 18:52 WIB

Riau dan Kepri Mungkin Aman Tsunami

Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  PEKANBARU -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru menyatakan, untuk beberapa provinsi di Sumatra seperti Riau, Jambi dan Kepulauan Riau (Kepri) sejauh ini kemungkinan aman dari potensi tsunami.

"Hal ini karena gempa yang terjadi berlokasi di sebelah barat Sumatra, sementara Riau, Jambi dan Kepri berada di pantai timurnya. Sehingga memang kemungkinan potensi tsunami sangat kecil atau bahkan tidak bakal terjadi di tiga provinsi ini," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Rabu sore.

Ia menjelaskan, untuk masyarakat yang tinggal di tiga provinsi itu sebaiknya jangan panik dan tetap beraktivitas seperti biasa. "Dipastikan, Riau, Jambi dan Kepri masih aman dari tsunami," katanya.

Slamet juga menjelaskan, sejumlah gempa bumi yang terpusat di Kabupaten Simeulue Aceh hanya berpotensi menimbulkan tsunami untuk lima provinsi di Sumatra meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu dan Lampung.