Rabu 18 Apr 2012 14:33 WIB

Wapres Pimpin Upacara Pemakaman Sudomo

Sudomo. (Foto: Republika/Edi Yusuf)
Sudomo. (Foto: Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wakil Presiden Boediono dijadwalkan menjadi inspektur upacara pada pemakaman mantan Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan era Orde Baru Sudomo yang wafat pada usia 86 tahun di Jakarta, Rabu.

"Direncanakan Wapres akan menjadi inspektur upacara pada pemakaman Sudomo besok pagi," kata Juru Bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat di Istana Wapres Jakarta, Rabu.

Dikatakan, Sudomo rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (19/4), sekitar pukul 9.30 WIB.

Mantan Menteri Tenaga Kerja era Orde Baru ini meninggal pada usia 86 tahun setelah sebelumnya dirawat di RS Pondok Indah karena diduga mengalami pendarahan di otak.

Sudomo yang juga pernah menjabat Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan era Presiden Soeharto itu telah dirawat sejak Sabtu (14/4).

Sudomo lahir pada 20 September 1926 di Malang, Jawa Timur. Dia pernah menjadi Kepala Staf TNI AL pada 1969-1973 dan juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) 1978-1983.

Sudomo dikenal mampu menangani berbagai kemelut keamanan dalam negeri secara dingin. Pada masa-masa itu, dunia intelijen Indonesia sangat diwarnai kepemimpinan Sudomo, LB Moerdani, dan Yoga Soegama. Dia juga pernah menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Agung atau DPA.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement