Ahad 06 May 2012 06:12 WIB

Pembalasan Coriolanus Terhadap Roma

Rep: Gita Amanda/ Red: Heri Ruslan
Coriolanus merupakan film yang diadaptasi dari sandiwara karya William Shakespeare
Foto: onlinetvcast.com
Coriolanus merupakan film yang diadaptasi dari sandiwara karya William Shakespeare

REPUBLIKA.CO.ID, Coriolanus merupakan film yang diadaptasi dari sandiwara karya William Shakespeare. Coriolanus diambil dari kisah nyata pemimpin legendaris Romawi, Caius Martius Coriolanus.

Awal film mengisahkan, kesuksesan Kapten Caius Matius Coriolanus (Ralph Fiennes) yang memimpin pasukan Roma melawan pasukan pemberontak Volscius. Pada saat itu pasukan Volscian yang dipimpin Jenderal Tullus Aufidius (Gerald Butler) berhasil dipukul mundur oleh Coriolanus.

Keberhasilan Coriolanus dalam penaklukan tersebut membuatnya mendapat banyak pujian. Atas dorongan ibunya Volumnia (Vanessa Redgrave) dan sejumlah senator, Coriolanus kemudian mencalonkan diri sebagai konsul di Roma. Sayang pandangan Coriolanus yang keras dan superior, serta rencananya untuk menghapus kebebasan rakyat sipil mengundang kecaman dan penolakan.

Ribuan rakyat Roma menolak pencalonan Coriolanus sebagai konsul. Gelombang penolakan diperparah oleh kehadiran dua orang senat yang memprovokasi warga. Hingga akhirnya Coriolanus yang berpendirian keras dan militer tersebut memutuskan mundur dari pencalonan. Banyak orang tak menduga langkah yang diambil Coriolanus untuk mundur.